Bikin simulasi, strategi bermain Futsal / Sepak Bola.

     Hobi sepak bola memang sudah ada semenjak saya dibangku SD (Sekolah Dasar) di era tahun 80-an. Terkadang walaupun saya masih sekolah dasar waktu itu, tidak jarang ikut latihan sepak bola dengan orang2x dewasa, pemuda 2x dilingkungan tempat tinggal saya. Kebetulan didekat rumah ada lahan bekas galian proyek Bendungan Jatigede yang lumayan luas, walau ada bagian2x lapangan yang becek dan kubangan. Dengan beralaskan kaki, lapangan becek terlebih dikala hujan, ditengah hujan petir bersahutan, kami bersama teman2x tetap bermain bola, tidak jarang ditengah hujan beberapa pohon nira atau kawung (Sunda) yang tumbuh sekeliling lapangan tersambar petir hingga mengeluarkan asap, dengan reflek semua yang lagi maen bola tiarap karena takut petir, namun beberapa lama kemudian maen lagi. Hampir tiap sore kami selalu maen bola.

     Hobi maen bola terus berlanjut sampai masa kuliah. Bahkan sampai saat inipun saya masih sering maen sepak bola, namun akhir2x ini lebih banyak maen dilapangan indoor alias Futsal mengingat kondisi phisik sudah tidak memungkinkan lagi maen dilapangan besar, disamping itu juga sekarang ini sedang menjamurnya maen bola Futsal. Beberapa kali kantor tempat kerja saya ikut dalam turnamen2x yang diselenggarakan perusahaan rekanan, diantaranya Turnamen Futsal PT. Asuransi Tugu Kresna Mandiri (TKP), Turnamen Futsal PT. Malindo (Juara 1), dan terakhir Turnamen Futsal yang diselenggarakan PT. Asuransi AXA (Juara 1).

     Selama turnamen2x yang diikuti, saya coba2x iseng cari di internet tentang strategi2x bermain bola, dan akhirnya saya menemukan tools yang lumayan bagus untuk membuat simulasi dan strategi bermain bola. Program ForCoach Tactic v355 namanya. Program ini bisa dirancang untuk permainan lapangan besar maupun lapangan Futsal. Selain itu kita juga bisa mengatur jumlah pemain, official dan wasit, masing2x pemain bisa diberi title atau nama pemain.

     Cara kerja dari program ini adalah membuat susunan pemain dan lawannya, kemudian dibuat suatu tactik bermain sepak bola layaknya pertandingan yang sesungguhnya. Taktik dan strategi bisa dijabarkan dalam suatu serangan, cara memberikan bola, mengumpan bola ke daerah lawan, bahkan bisa disimulasikan pelanggaran2x dari wasit. Tajktik dan strategi yang sudah dibuat bisa di generate kedalam suatu file format video (.avi), bahkan bisa juga digenerate ke file Powerpoint atau MS Word. Saya lebih suka generate ke format video, walaupun proses memakan waktu lumayan lama tergantung kapasitas memori computer dan ukuran filenya lumayan besar juga.

     Selain program ForCoach Tactic ini, masih ada beberapa program yang sejenis lainnya seperti : ForCoach Soccer, ForCoach Statistic dll.

Futsal Tactic

Untuk lebih jelasnya silahkan click di www.Forcoach.com.

Selamat mencoba..

26 Responses

  1. wah..trims berat neh buat mr. adoer
    kemaren pas kebetulan g lagi bikin team futsal dadakan
    2 minggu langsung coba ikut turnamen futsal sebali…
    dengan semangat refreshing gak taunya yang ikut turnamen
    pada serius semua… ada dari kalangan TNI, pengusaha lapangan futsal… klub SSB, sampai timnas sepak bola pantai Indonesia pun ikut, walhasil kita lebih cocok disebut sebagai lumbung gooll daripada lawan tanding.. he..he..
    but it’s ok…
    berkat software forcoach-nya, g bisa bikin strategi yang cukup
    membuat lawan-lawan hebat itu pada kebingungan…
    bukan bingung ngegolin lho, tapi bingung…kok banyak banget mereka menangnya.. :)
    so.. klo mr adoer punya klub futsal…klo pas maen di bali mungkin kita bisa sparring partner neh
    kita bisa beradu strategi dan beradu tawa tentunya..ha..ha..ha..

  2. Salut atas semangat teamnya, walau persiapan dadakan nggak peduli lawan “kelas atas” semua, yang penting semangatnya…
    2 minggu belum cukup untuk membentuk sebuah team, masih banyak waktu untuk latihan, mudah2x-an semangat futsalnya nggak abis gara2x kebobolan banyak gol…
    Boleh juga tuh maen futsal ke Bali, cuma ntar nunggu waktunya kalo ada acara kantor ke Bali .. he…he…he

    Salam kenal mas bro..

  3. wah..mantap lach mas adoer
    terima kasih atas support semangatnya…
    ini kebetulan juga lagi nyiapin team buat ikut turnamen Yamah a Cup, tapi nggak jadi soalnya umurnya harus 21-25 th
    sedangkan team member saya yang tertua 19 tahun (maksudnya dah 19 tahun gak maen bola.. :) ), alias dah senior2..jadinya gak jadi dech…he..he..

    ya..mungkin bakal latihan terus dulu sambil nunggu sampai teamnya mas adoer lagi iseng maen ke Bali…

  4. wadoh…kayakny nih BLOG harus aku BOOKMARK nih… biar ga bingung cari nya nanti klo tiba2 mati PCny.. hehehe… banyak tips dan trik futsal.. maklumlah… lagi on fire main futsal nih… hehehe…

  5. Betul sekali bang Ucok, kita2x ini diuntungkan dengan adanya Futsal, susahnya mau main di lapangan sepak bola, entah karena nggak ada teman, cari lapangan juga susah apalagi dimusim hujan kayak begini, sangat terasa susahnya terutama buat para karyawan kayak kita ini, yang ingin menyalurkan hobinya…walau harga sewa lap. Futsal masih lumayan mahal, tapi banyak keuntungan lain main Futsal dibanding main lapangan sepak bola, terutama fleksibilitas waktu maennya…

  6. Yoi tuh.. salah satu keuntungannya, maklum, klo udah kerja jadi lupa olahraga, untung ada futsal, waktu fleksibel, main 20 menit udah kebanjiran keringat, hehehe… biar agak kurus dikit nih badan.

  7. Nuhun kang Adoers informasi tools nya, semoga bermanfaat buat para pelatih dan yang hobby dengan bola yang disepak ;-)
    http://coach94.wordpress.com

  8. Wah kayanya programnya bagus bgt nich, tp saya ada kesulitan dalam penggunaannya. Tolong beri tahu langkah2 instalasinya agar saya dapat menggunakan program ini. Terima kasi sebelumnya

  9. wah mas adoer’s terima kasih banyak nich buat informasinya.
    semoga semua orang pada tau program ini, biar sepakbola negara kita jadi lebih maju…….
    salam olah raga

  10. Thanks !

  11. ni skedar tambahan http://www.futsal-tactics.com , 65 animasi tactics futsal tapi pake java applet (plugin)…
    kalo masalah video di youtube yang g bisa kalian download tadi pake aja downloader flv namanya ‘moyea flv downloader’ ada player nya juga,setelah dijalankan program moyea,activkan aja ‘record’,biar otomatis download klo lagi buka video youtube…thanx….

  12. gw pernah ikut turnamen di Arena futsal kelapa 2.waktu itu gw sampe perempat final tapi iutlah permainan akhirnya gw kalah tipis.gw binggung sama kinerja wasit.yang gw liat dari semua turnamen futsal di jakarta ataupun depok.itu kinerja wasit ga da yang beres katanya wasit nasional tapi kinerjanya kayak wasit kampung…… gw pengen tanya turnamen yang baru donk th 2009?gw pengen ikut tapi (wasit yang bagus) ok.

  13. assalamu’alaikum

    Wa’alaikum salam

    terimakasih ya link’nya

    kebetulan saya tergabung di team futsal. saya telah download softwarenya, tetapi minta pin aktivasi. itu gimana dapatnya yach?

    Wah maaf pak Jos, bukan maksud saya promosiin ini software, saya sarankan bapak musti bayar dulu supaya dapat pin atau lisensi. Tapi kalau untuk freetrial-nya dan diminta userloginnya, tinggal registrasi aja, terus nanti ada balasan lewat email, dan nanti akan dikasih user loginnya, untuk freetrial nggak perlu pakai password, cukup user login saja.

    terimakasih sebelumnya.

    wassalamualaikum.

  14. terima kasih kerana memberi saya strategi futsal ini.

  15. alah ! biasa !
    gampang kalii !!
    jagoan gw berarti ..
    buahahahahahahaha !!!!

  16. bisa kirim buat latihan futsal nee kirimkan car berbmain futsal dan tekniknya ya, tq

  17. to Mr adoer.
    wdh hrs bnyk2 konsul nie
    gini saya dr mlg
    g buat team br
    kasih tip and trik dong buat seleksi pemain2 kecil ini
    apa ja…???tanks boss..
    bls scptnya lok ada chat ja biar asik ‘YahooMasanger.

  18. Lagi googling buat cari strategi main futsal,nemu ni blog thanks infonya gan,kalo ada waktu di tunggu kunjungan baliknya

  19. tabrak… takle… incer kakinya…. klo gk dpet iner pahanya,,, klo ngocol dorong orangnya…. klo ngocol tabok aj…. bila wasit nya ikut campur tangan… tendang ajbroooo !!!!!!!!!!!

  20. wah bagus banget nich triknya bisa buat kecoh lawan pas ntar latihan dech :D
    btw bagi2 lagi dunk bang trik yang lain biar aku tambah pinter main futsalnya :D

  21. bro numpang nanya…kok futsalnya harus pkek username n password ya??

    ini software bayar bro lia?? thx yah

  22. Iya harus bayar…

  23. keren nih software… tapi sayang gk free…

  24. aku butuh banget nih soft ware soalnya keren abis, tp sayang harus bayar ya berpa sih dan gimana cara bayarnya

  25. thx ea,,,,,,
    kbetulan da bwt team untuk ikt pertandingan ne……..

  26. klo da minta cracknya donk, q lagi butuh software kaya gini …

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

