Memelihara Lobster Air Tawar (LAT)

          Berawal dari pemberian 2 ekor Lobster Air Tawar (nggak tau tipenya) dari seorang rekan kerja di kantor, sehari setelahnya langsung saya belanja pernak-pernik yang berhubungan dengan akuarium, mulai dari akuarium kaca, makanan lobster, lengkap dengan filter air dan juga tidak lupa membeli kerikil untuk lapisan dasar akuarium untuk sedikit mempercantik tampilan.
Rincian Harga :
• 1 buah akuarium kaca ukuran 50cm x 30cm x 23cm (panjang/lebar/tinggi) sekitar 60 ribu
• Makanan lobster sekitar 10 ribu (1 wadah botol aqua kecil).
• Filter air harga 60 ribu.
          Anda bisa dapatkan barang-barang tersebut ditempat-tempat penjualan ikan hias atau di Careffour juga tersedia. Kebetulan saya membeli pernak-pernik tersebut di tempat penjualan ikan hias Jl. Barito Blok M Jakarta Selatan.  Supaya lebih aman, akuarium saya kasih rak dari kayu sesuai dengan ukuran akuarium.
      Menurut teman saya, Lobster ini juga bisa dikasih makan toge, namun terlebih dahulu harus direbus supaya lebih lunak. Ada hal yang menarik dimana Lobster ini bisa ganti kulit, dan biasanya kulit yang mengelupas akan dimakan sama lobster2x tersebut.

25 Responses

  1. Ya, saya juga penghobi lobster. Kebetulan di cirebon yg terkenal sbg kota udang. Budidaya lobster sudah jadi produk ekspor.

    Awalnya dipiara di akuarium,lalu oleh adik dipindah ke kolam. Untuk menjaga pH air perlu diberi obat penetral pH agar tingkat keasaman air netral.
    Diusahakan memakai air sumur, bisa juga dgn air PDAM. Namun kadar kaporit air PDAM bisa berpengaruh pada pertumbuhan si udang karang tersebut.
    Makanan bisa juga kentang yang sudah direbus, lalu bisa juga wortel,bayam, dan sayuran atau daging ikan lele yang dicincang.

    Salam lobsteria

  2. saya baru membaca artikel tentang budidaya LAT, terus terang sangat tertarik, apalagi dapat dilakukan tanpa lahan yang luas.
    mohon bantuannya untuk memberikan saran-saran bagaimana untuk memulainya dan apa saja yang harus disiapkan,
    makasih banyak atas sarannya.

  3. Waduh .. saya sendiri baru mau belajar, mungkin ada rekan pembaca yang lain yang bisa bantu, atau mungkin ada referensi yang bagus buat pemula.

  4. makanan apa yang bagus untuk anak lobster yg baru menetas?

  5. Naha jadi kanu lobster?, masih emut ka abdi?, rencang sa kost an di patmawati?
    [Quote]
    Ini bang Bul ya..?
    [/Quote]

  6. saya baru di dunia lobster,.,.,.mau cba untuk membudi dayakan ,.,.,.tapi ,.,.takut kemahalan ,.,.
    mo tanya pasaran lobster indukan berapa ya ,.,.,
    terus kalau perpaket jga brapa?

    Wah saya gagal mau nyoba melihara lobster, sekedar seneng-seneng aja, maklum coba-coba, cuma di akuarium saja. Insya Allah kalau memang ada kesempatan, nanti mau nyoba lagi, siapa tau bisa berhasil.

  7. mau numpang nanya nih, ada yg tau alamat tempat pemasaran lobster di daerah jawa timur pa gak?

  8. makanan lobster apaan ci yg bgs?
    Saya br maw pelihara lobster!

    Makanan yang bagus saya belum tahu banyak karena saya juga masih pemula, dan sayangnya saat ini saya sudah tidak lagi memelihara lobster, kalau dulu saya beli dari toko tempat penjualan ikan, paling sisanya saya kasih tauge..

  9. saya punya banyak lobster air tawar,,, sekarang lebih dari 70 ekor yang sedang bertelor. bisa di itung bulan depan, lobsterku bertambah jadi berapa???
    belum lagi yang gede2nya. duh…. di jual kemana ya???

    ada yang berminat dengan lobster2ku.
    saya punya berbagai ukuran. dari konsumsi sampai anakan.

    yang berminat hubungi saya di mamet_euy@yahoo.com
    atau di bionix99@gmail.com

    lokasi di “pamanukan”

  10. g mau tau lebih banyak dunk tentang lobster

  11. makanan favorit lobster adl jagung manis atau jagung sayur yg kecil sebetulnya saya sendiri belum coba namun info ini saya dapat dari teman yg ternak lobster

  12. Saya ingin melihara Lobster Air Tawar tapi belum tahu caranya bagaimana ya mungkin ada rela mau memberi/berbagi ilmunya kepada saya. Dan beli anakannya dimana, makanannya apa, sarat2 pembuatan kolamnya juga bgmana. Terima kasih sebelumnya

  13. ribet g sih kalo pelihara lobster, mw piara tp masih mikir2 dulu masalah perawatannya. terima kasih infonya. :)

  14. ada ebook nya ga, saya pengen nyoba nih

  15. Kalo Lobster air tawar yang kecil di masukan ke aquarium besar yg volume airnya 200 cm apa gapapa?

  16. kalo daerah sukabumi bisa didapat dimana lobster nya . dan brapa harga nya untuk induk .

  17. minta informasinya dong makanan lat yg baik apa aja ya ?

  18. saya mau tanya,
    mengapa lobster air tawar makan kawan nya sendiri?

  19. To : Yuri
    LAT makan kawannya ada beberapa faktor :
    1. Kurangnya persediaan makanan
    2. Jika kawannya sedang molting akan menimbulkan bau yang di senangi oleh LAT lain

    trims

  20. harga pasaranperkilo brapa kira2?

  21. mohon bantuannya,saya melihara lobster,tapi anakannya banyak yang mati,sekarang indukannya ,lagi gndong telurnya lagi,maklum baru belajar

  22. gimana cara melihara anak lobster,yang baik

  23. g mo tny ne,napa y anakan lobster g mate mulu,padahal anak anak na smua masih tmpel badan induk na,trus mo kasih makan ap y sama anakan na….

  24. Assalamualaikm,,
    Saya zain ’19 msih mahasiswa,hehehe
    Saya ♍a̶̲̥̅̊υ̲̣̥ bgi2 info tntg budidaya LAT, sbnrnya sangat mudah , saya mulae dri skala rumahan, menggunakan akuarium 100x50x35 ada 5 buah,6buah ukuran kecil untuk menampung indukan yg bertelur,,kalo saya 1akuarium berisi 1indukan yg bertelur, klo yg 100x50x35 untuk perkawian,,dmn dlm 1 akuarium ada 1 set indukan,1 set indukan terdiri dri 3jantan 5betina,, bgusnya sih cari indukan yg ukuran 8in, soalnya hasil telur yg mencapai 1000 n daya tahan tubuh betina saat pengeraman juga kuat,,,selama pengeraman indukan betina sama sekali tidak makan,,n lama pengeraman 1+bulan,,
    Untuk pakan saya kasih pelet sma toge, selama perkawinan makan cukup diberi 1kali wktu sore,,, untuk menghindari moulting,,klo mnrt sya bhya,,kan lahannya sempit gak bisa kabur ntr lobsternya, malah di makan,,:ehehe pengalaman sya tuh,,pernh gk kepantau,,eh malah mati 1, hee sambil kuliah soalnya,,
    HeeE

    Smpe sini aj deh dlu,,cpe,,panjang ,,tambahin dah abang2 senior,,,berbagi ilmu insyaallah ilmu anda yg bermanfaat buat org pasti berbuahkan pahala,,,,
    Salam capit
    assalamualikum wr wb

  25. Saya jual bibit LAT khusus daerah bogor dan sekitarnya..
    Minat, hub 08888413577

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

