Tips mencuci Motor

Hampir semua orang pernah mencuci motornya sendiri, namun tidak semuanya menyadari bahwa cara kita mencuci motor akan berpengaruh kepada faktor keawetan motor itu sendiri. Terlepas dari apakah kita mencuci sendiri atau ke tempat cuci motor, maka tetap kita harus perhatikan hal-hal penting dalam proses pencuciannya.

Ada beberapa hal penting yang perlu kita cermati jika kita akan mencuci motor.

1.      Air
2.      Peralatan mencuci.
3.      Cara mencuci.

1.      Air.

Air menjadi media utama dalam dalam proses mencuci motor. Perhatikan kondisi air yang digunakan, apakah terlihat keruh atau kotor? Berpasir (mengandung pasir?). Jika salah satu kriteria tadi ada pada air tersebut, maka air tersebut tidak disarankan digunakan untuk mencuci motor.

Jika air itu keruh dan kotor, (misalnya air kali, air sungai, air kolam). maka tentunya bukannya motor kita jadi makin bersih, malah kotorannya makin bertambah. Tanpa kita sadari bahwa air yang keruh juga mengandung kotoran walaupun sangat halus. Lama kelamaan kotoran akan mengendap dan akan “nimbun” dimotor kita, hal ini bisa kita lihat indikasinya pada body motor kita yang cenderung semakin lama semakin kusam dan buram.

2.      Peralatan mencuci.

Dikala kita mencuci motor di tempat cuci motor, umumnya peralatannya sudah banyak yang menggunakan compressor/steam wash. Namun jika kita mencuci dirumah atau ditempat tinggal sendiri biasanya cukup dengan alat-alat lap kain halus (misalnya bekas kaos dalam)/kanebo, ember, selang air, sikat dan sabun.

Namun ada juga yang punya alat/mesin steam wash sendiri khusus mencuci sepeda motor, biasanya ukurannya kecil paling nggak sampai 600 watt, dan tentunya daya semprotnya juga nggak terlalu tinggi, disamping itu ada kelemahan dari alat ini, alat ini harus disambungkan dengan kran dimana airnya berasal dari bak penampungan/toran dan tempat airnya sendiri harus tinggi lokasinya, supaya tekanan air lebih besar, dan alat ini tidak bisa menyedot air hanya dari wadah/ember biasa, kata tukang jualannya juga bilang nggak bakal kuat narik, dan tekanan airnyapun kecil.

Ada juga alat cuci ukuran sedang, kira-kira beratnya 12 kg, yang pernah saya tahu adalah merk dari Italy dan Korea (lupa merk-nya), bahkan ini lebih khusus untuk mencuci kendaraan roda empat, mengingat tekanan air yang dikeluarkan cukup kuat, bahkan bisa dipakai untuk membersihkan kolam renang, kamar mandi, lantai terutama untuk membersihkan kotoran dan lumut, dan juga alat ini bisa menyedot air hanya dari wadah/ember biasa tanpa disambungkan ke kran air dari toran air, tentunya akan lebih praktis dan lumayan hemat dibandingkan dengan alat yang pertama tadi.

      Untuk urusan harga alat-alat cuci tersebut, untuk ukuran kecil harga barunya rata-rata dijual Rp. 400 ribu s/d 1 juta, untuk yang ukuran sedang rata dijual Rp. 1.5 juta s/d 3 juta tergantung merk.

Terlepas dari apakah kita pakai steam wash atau cukup pake ember aja, disarankan untuk menyeka air and sabun gunakan 2 tipe lap/kanebo.

Satu untuk mengelap bagian yang halus seperti body, tangki dan kaca/mika lampu dan  yang kedua untuk mengelap bagian velg, ban, mesin dll.

Diusahakan pada saat mencuci jangan sampai masing-masing kanebo bertukar fungsi, ini menjaga agar bagian yang halus (Body, tangki, lampu) tidak baret-baret, karena jika kita menggunakan satu lap/kanebo maka kotoran-kotoran seperti tanah, aspal atau pasir dari ban, velg dan sektor kaki-kaki dikhawatirkan akan menempel, merusak bagian yang halus lainnya.

Sabun yang kita gunakan juga mustinya jangan sembarangan, gunakan sabun yang sesuai untuk mencuci kendaraan, jangan gunakan sabun untuk mencuci pakaian misalkan sabun colek atau Rinso, hati-hati dalam hal  penggunaan minyak tanah, umumnya orang menggunakan minyak tanah untuk menghilangkan bekas aspal, oli dan kotoran yang lengket dimesin atau body. Untuk bagian tertentu seperti rantai mesin disarankan tidak menggunakan minyak tanah, mengingat bagian ini terdapat komponen karet, sehingga dikhawatirkan karetnya akan menjadi rusak.

Gunakan juga sikat hanya untuk bagian tertentu saja seperti mesin, velg dan ban.

3.      Cara mencuci.

Mencuci yang baik yakni mulai dari bagian bawah ke atas, mulai dengan membasahi seluruh permukaan motor, setelah itu mulailah menggosok bagian kaki-kaki dan bagian mesin, baru setelah itu bagian body atau tangki dan lampu

Untuk proses mengeringkan, mulailah dari bagian atas turun ke bagian bawah, dengan tujuan bagian yang sudah kering tidak kena air lagi sewaktu mengelap bagian atas.

Untuk bagian ban, setelah dicuci bersih, agar lebih terlihat mengkilat bisa kita gunakan semir ban, banyak merk dipasaran mulai yang murah sampai yang mahal sekalipun, namun saya pernah juga mencoba menggunakan minuman Coca Cola sebagai pengganti semir ban, cukup setengah botol ukuran biasa, (sisanya boleh anda minum sehabis nyuci motor), oleskan dengan menggunakan kuas, atau kanvas besar ke bagian ban. Lumayan mengkilap bisa sampe semingguan (kalau nggak kotor kehujanan he..he).

About these ads

25 Responses

  1. ok dech gw mau nyuci sekarang + beli coca cola supaya ban gw mengkilap ^^

  2. Terimakasih tipsnya sangat berguna buat saya

  3. Sama 2x bro, ada sedikit tambahan, untuk yang memasang knalpot Racing (biasanya lubang keluaran lebih lebar dari yang standard), sebelum mencuci (terlebih jika menggunakan steam wash) tutup bagian lubang knalpot dengan plastik atau bisa lebih ringkas pakai bekas Aqua gelas (kalau susah cari yang bekas, beli aja diwarung rokok, diminum habis, bekasnya pakai buat nutup knalpot), hal ini mungkin sepel, namun jika motor sering dicuci apalagi ini musim hujan maka lama-lama bagian dalam knalpot akan cepat karat, umumnya orang2x sehabis cuci motor, bagian knalpot dikasih oli sedikit, mungkin tujuannya melindungi dari karat, padahal usaha ini nggak membawa hasil, yang ada knalpot jadi berasap.
    Dan yang terakhir, perhatikan juga bagian kelistrikan, yang paling sering bermasalah adalah bagian busi, karet busi biasanya cepat getas dan retak2x, kalau sudah begini hati2x bisa2x sehabis nyuci motor nggak bisa dihidupkan, kalau bisa tutupi dulu bagian karet pelindung busi dengan plastik, kalau nggak bisa juga saya biasanya bilang ke tukang steam wash, bagian busi jangan disemprot.

    Demikan tambahannya dari saya.

    Selamat mencuci

  4. tHax tips NA duh manjur bangEt dah

  5. trims atas sarannya….

  6. Bro, tlg ksh tau merk sabun cuci yg bs bikin kotoran lumpur yg lama nempel bs cpt ilang, biasanya yg paling susah d bagin mesinya ntuh, nah kl oli2 item d rantai n gear yg bagus pake apa yakz biar cpt ilang?

    Kalau untuk kotoran nempel di motor, saya biasanya pakai sabun detergen biasa aja, tapi khusus bagian mesin bagian bawah saja, jangan dipakai untuk body atau tangki, shampo/sabun yang khusus saya belum pernah coba yang lain, dan selama ini lumayan cukup ampuh, asal telaten aja bersihinnya, nah kalau oli yang nempel di gear atau rante, biasanya saya semprot dulu pakai Chain Lube, banyak merek di pasaran, saya biasa pakai Repsol Chain Lube..setelah itu gosok biasa pakai sikat, kalau udah bersih, tunggu kering dulu, baru terakhir semprotkan lagi Chain Lubenya, supaya melindungi gear atau rante.
    Semoga membantu..

  7. Trus rekomen untuk merek sabun motor ada gak?

  8. banx dicuci pke’ coca-cola z…heheheh……….

  9. kira2 ada sabun khusus utk cuci motor gk??????
    Klo qt nyucinya pke deterjen atw shampoo biasa gmn????????

    Pakai aja sabun cuci untuk mobil.. bisa juga buat motor, kalau detergen biasanya saya gunakan untuk bagian ban, velg atau mesin, terlebih untuk bagian kaki2x yang biasanya penuh kotoran tanah maupun oli. Kalau untuk bagian body atau tangki kalau bisa jangan deh pakai detergen

  10. bagian ulir, kalo sering dicuci bukannya malah bikin seret?

  11. Terima kasih atas articlenya kebetulan ada rencana membuka cucian motor. Thanks

  12. Sama2x pak, mudah2x-an usahanya lancar dan sukses..

  13. trim info’na,.. mga brmanfaat bagi para pmbacanya

  14. maksih info nya..

  15. [...] http://adoer.wordpress.com/2008/01/09/tips-mencuci-motor/ [...]

  16. mantab bro,,,,tp apa gk bnyk semut th yg datang

  17. ato dikasih irisan lombok dikit kali yach,,,biar g dirubung smut,,,,hehehehe

  18. Salam untuk semuanya….

    Jika anda berminat untuk membuka usaha cuci motor, silahkan langsung berkunjung ke http://www.jakartateknik.com

    Kami menyediakan beberapa paket pilihan untuk anda, antara lain:
    – Paket Sederhana = Rp. 4.488.000,-
    – Paket Standart = Rp. 5.560.000,-
    – Paket 2 Hidrolik Motor = Rp. 14.954.000,-
    – Paket 3 Hidrolik Motor = Rp. 18.749.000,-
    – Paket 4 Hidrolik Motor = Rp. 22.544.000,-

    Apabila anda ingin membeli diluar daripada paket yang kami sediakan, kami juga menjual peralatan usaha cuci motor secara terpisah, antara lain:
    – Tabung Snow Wash
    – Kompresor Angin
    – Mesin Steam
    – Hidrolik Motor
    – Biang Ice Cream Shampoo
    – Semir Ban

    Nah untuk lebih jelasnya, langsung aja kunjungi http://www.jakartateknik.com atau anda bisa datang langsung ke:

    GERAI CUCI MOTOR CAPLIN
    Jl. Prof. Dr. Hamka
    Kel. Larangan Utara
    Kec. Larangan
    Ciledug – Tangerang 15154
    021-733 5835
    0817 88 0815

    Salam dan semoga artikel ini bisa bermanfaat.

    Heru Kriswanto
    http://www.jakartateknik.com

  19. makasih tips cuci motornya mas, jadi tambah ngerti…selama ini hanya pke 1 kanebo, mungkin akan saya coba pake 2 kanebo

  20. nice artikel gan

  21. makasih tips nya

  22. artikel nya keren, mas saya ijin copy ke blog saya, tetap akan saya lampirkan link ke blog ini.

  23. [...] artikel yang sangat menarik dari rekan adoer pastinya bermanfaat untuk rekan-rekan [...]

  24. terimaksih untuk tipsnya saya jadi nerti nich cara mencuci motor dengan baik

  25. oke,, sip gan infonya..
    pntesan mtor ane baret”,.lapnya cma stu sih,.. :D
    nice post..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: