Tips Tendangan Penalti (Sepak Bola/Futsal)

         Kemampuan dalam hal menendang tendangan penalti mutlak harus dikuasai oleh setiap pemain Sepak Bola / Futsal, tidak terkecuali untuk penjaga gawang, dikarenakan tendangan penalti bisa memegang peranan penting dalam menentukan menang atau kalahnya suatu pertandingan. Jika tendangan penalti dilakukan dengan baik, maka kemungkinan terjadinya gol akan semakin besar.
         Ada 2 tipe tendangan penalti : Penempatan Arah (Placer) dan Kekuatan Tendangan (Blaster).
         Tendangan penalti dengan kekuatan tenaga menggunakan kaki bagian dalam/punggung, sedangkan penempatan arah (Placer) dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam.
         Penendang harus memperhatikan juga aspek phisiologi. Hal ini menjadi kunci utama dalam hal menghadapi trik-trik penjaga gawang yang melakukan gerakan-gerakan yang sekiranya akan mengganggu konsentrasi kita.
         Ada beberapa konsep dasar dalam melakukan tendangan penalti.
– Pada saat anda menentukan target bola pada bagian gawang, sekali anda menentukan arah, jangan merubahnya pada saat anda mulai menendang bola.

- Tendang serendah mungkin jika memungkinkan, anda lebih mudah menendang kearah bagian atas mistar gawang dibanding bagian bawah mistar gawang.

- Ambilah arah satu dari 2 pojok gawang dan coba lakukan latihan berulang kali untuk mendapatkan tendangan yang bagus.

Selamat mencoba…

About these ads

23 Responses

  1. Sepakat! Kalau kita mencoba menendang ke bawah, hasilnya bisa keatas. Kalau kita mencoba menendang keatas, bisa diatasnya mistar tuh…
    Satu gaya tendangan penalti yang juga selalu bagus untuk dipraktekkan: keras dan akurat meskipun bisa ditebak. Pandang dengan cermat titik kemana Anda akan menyarangkan bola, fokus, lalu tendang dengan sekeras-kerasnya. Meski kiper bisa nebak dan loncatannya benar, dijamin dia masih kalah cepat dibanding laju bolanya. Hasilnya, goooaaalll…

  2. hahahahaha
    saya pernah gagal penalti..
    saya penendang terakhir lagi,,,
    kalah jadinya team saya,.,,,
    gara gara itu, saya udah ga mau maen lagi,,,
    tapi temen masih kasi dukungan,,,
    ya udah usaha lagi la.. perbaiki

    sepertinya bener juga tuh keras dan terarah…
    kalau bisa sperti zidane di PD2006 gimana ya?

  3. Waduh koq sampe ngadat nggak mau main lagi pak? kayaknya kalah tarohan ya .? hee..hee..

    Mungkin untuk tahap awal boleh dicoba tendangan keras dan terarah, paling-paling sering2x latihan menendang bola yang benar, tenaga mungkin boleh gede, cuma kalo cara menendangnya yang kurang pas, sayang juga nggak optimal, kalo udah “butek” nggak bisa2x nendang dengan bagus, jangan biasakan nendang pakai ujung jari kaki.. ujung jari kaki hanya untuk kondisi2x tertentu aja, semisal “menyocor” bola ke mulut gawang, atau menghalau bola.
    Tetap semangat pak Didi…

  4. Sakit deh tuh penalti gagal. Gue juga pernah tuh…

  5. gooo just futsal

  6. Wah kalau gue, asal tendang aja. Masuk syukur, ga masuk ya diulang lagi aja

  7. iyaaa beneeer,,
    tapi kalo kata gw c ada satu hal lagi yang ‘lumayan’ penting,,

    gaya kita sebelom nendang juga bisa mempengaruhi kiper lawan,,
    kita liat aja gayanya CR7 kalo lagi mw nendang penalti or tendangan bebas,, bikin takut kiper tuh,, hhaha
    lw smua jg tau ko banyak pemaen yg punya gaya nendang yg khas,,
    iya g??
    cuma sekedar tips,, bukannya so jago y,, hehehe
    peace all,,

  8. sUNKn6 comment5 ,

  9. cukup bagus, tapi masih kurang jelas…………… kasih gambar donk biar jelasssssssssssssss

    wasalam………………

  10. secara teknis dan prakteknya sudah bisa, tapi kadang semuanya buyar ketika dalam pertandingan…….

    berarti harus terus2 berlatih dan sering2 ikut pertandingan ya….

    He..he saya sendiri pernah mengalaminya seperti itu, kalau menurut saya ada beberapa alasan kenapa kalau dalam pertandingan terutama pertandingan resmi, pola permainan jadi kacau :
    1. Latihan tidak disertai pemahaman strategi dan taktik yang jelas oleh masing2x pemain. Satu aja pemain yang nggak kompak, maka bisa mengacaukan permainan yang lainnya.
    2. Mental bertanding yang belum terbiasa, bermain pada saat latihan akan berbesa kondisinya pada saat pertandingan, harus ada persiapan mental lebih.
    3. Kurang menganalisa kekuatan lawan, sebisa mungkin sebelum pertandingan, atur strategi yang akan diterapkan supaya masing2x pemain lebih memahami apa yang akan diterapkan guna memenangkan pertandingan.
    4. Kontrol emosi yang kurang, kadang ketika mengadapi lawan tangguh, mental dan strategi bermain jadi kacau, yang muncul malah emosi yang nggak terkontrol.
    5. Kurang banyak menerapkan variasi2x pola permaianan, biasanya kalau bermain dengan pola yang itu2x saja, akan cepat monoton, dan gampang dibaca lawan, sehingga diperlukan latihan2x penyerangan dengan berbagai variasi penyerangan.

  11. kl gwa pernah gagal pinalti…
    tapi gwa bales di tendangan bebas….

    yg gwa bingung…
    pas mw nendang pinalti,pasti deg2an..
    mungkin ada penjelasan ?

    Mungkin itu cuma masalah konsentrasi dan kepercayaan diri aja mas..

  12. saya selalu gagal menendang penelti pada saat pertandingan resmi, mengapa itu selalu terjadi padahal saat pertandingan yang biasa2 saya cukup bagus menendang penalti

  13. [...] tIPS TENDANGAN PINALTI By oky1990 Tips Tendangan Penalti (Sepak Bola/Futsal) [...]

  14. gw lebih sering ngegolin pinalti dengan ujung jari kaki (nyocor).Thats the best shoot

  15. [...] Sumber [...]

  16. makasiiiiiiiiiiiiiiiiiih

  17. woy gua dah pernah nendang pinalty 10x tpi goal teruz gimana cara ya biar bola nga goal

  18. penalti ya,, susah wat lupain kejadian pas ane gagal penalti..
    disoraki penonton dengan cacian dan hinaan.. pdahal sebelumnya ane jdi hrapan wat team ane.. tpi ysudah lah..
    akhirnya tim ane ggal di final..

  19. [...] Tips Tendangan Penalti (Sepak Bola/Futsal) Posted on February 16, 2008 by adoer [...]

  20. agak grogi kalo eksekusi pinalty ,,,,,,
    takut nggk masuk !!!!!!!!!!!

  21. hi!,I really like your writing very so much! percentage we keep up a correspondence extra about your post on AOL? I need a specialist on this area to solve my problem. May be that is you! Looking ahead to see you.

    Hi too, whta kind your problem..?

  22. Good :D

  23. [...] Tips Tendangan Penalti (Sepak Bola/Futsal) [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: