Prinsip dasar bermain Futsal

Attack (Penyerangan) :
Kontrol bola adalah kunci sukses dalam suatu penyerangan. Umpan-umpan bola antar pemain dalam tim merupakan element yang sangat penting dalam penyerangan. Pergerakan tanpa bola juga merupakan element penting lainnya. Cobalah untuk memberikan umpan bola ke teman se-tim kita lebih dari satu cara /model sehingga umpan-umpan bola bisa lebih bervariasi, ada banyak cara model penyerangan dalam Futsal dan anda bisa mencobanya. Janganlah bermain terlalu kaku, gunakan imajinasi, spontanitas, skill dan kreativitas. Pola system penyerangan yang umum dipakai yakni 2-2 (kotak), 3-1 atau 4-0. ( 5 orang pemain).

Defence (Pertahanan) :
Objektivitas sebuah pertahanan dalam Futsal adalah mencegah lawan dalam upaya menjebol gawang kita, disamping itu juga berusaha untuk merebut bola dari lawan. Dua hal tersebut saling berhubungan dan sangat erat sekali kaitannya. Sebagian besar pemain Futsal banyak melakukan tendangan ke arah gawang di daerah “D” Zone, maka dari itu daerah “D Zone” harus dijaga dengan ketat. Area ditengah harus penjadi perhatian penuh disbanding area dari samping, karena probabilitas proses gol banyak tercipta dari area tengah. Ada 2 pola system pertahanan, yakni 2-2 (bentuk kotak) dan 1-2-1. Penjaga gawang menjadi baris terakhir dalam menjaga pertahanan dan harus lebih agresif dalam menghalau bola dari serangan-serangan lawan.

(* Futsal Guide – British Columbia Soccer Association)

About these ads

6 Responses

  1. Maaf kalau ukuran statistik gawang? Bisa dibantu.

  2. Koq ga da pembahasan(Tips & trik) sepak bola lapangan gede sich…ato mungkin mas adoer penggemar futsal..

  3. Salam knl mas adoer,mhn saran.sy dan tmn2 ktr ada rencana tanding futsal.krn kami blm pernah bermain dgn pola tertentu mksdnya main bebas.kira2 menggunakan pola dan strategi apa agr bermain efektif.tks

    Salam kenal juga mas Andy
    Bukan untuk menyepelekan kualitas permainan khususnya bapak2x, mas2x dari kalangan perkantoran, rata2x futsal bagi pekerja kantoran lebih mengutamakan sisi olah raga tinimbang prestasi. Namun bukan suatu halangan agar bisa berprestasi. Untuk itu latihan tetap menjadi prioritas utama, latihan2x mulai dari pemanasan dan dasar2x bermain futsal selayaknya harus dikuasai, sebelum melangkah untuk bisa menerapkan pola dan strategi.
    Seperti yang saya ulas sebelumnya, untuk tim-tim seperti tim kantoran yang mana mungkin dalam latihan tidak memiliki pelatih, maka haruslah ada seseorang yang bisa dianggap sebagai leader yang bisa memimpin dan menerapkan pola dan strategi yang akan diterapkan.
    Kalau bicara pola dan strategi agar permainan lebih efektif ada beberapa hal pendukung diantaranya:
    1. Mental dan fisik harus mendukung / kuat.
    2. Kecermatan mata anda untuk melihat pergerakan lawan, kecepatan dan kelihaian gerakan tubuh anda dalam menguasai bola, keputusan anda yang cepat, dan berpikir cepat.
    3. Amati setiap gerakan lawan dan sesuaikan posisi dengan pemain kita.
    4. Jika pemain kita menguasai bola, selalu berikan pilihan ruang agar dia bisa memberikan umpan kepada kita, cari posisi, karena positioning sangatlah penting.
    5. Passing harus akurat.
    6. Dan yang terakhir adalah teknik and dan tiap2x pemain.
    Berikut saya sertakan link untuk pola dan strategi rotasi .

    Pola dan Strategi rotasi

  4. Cheers for this blog post, it had been great to read.

  5. coba dimuat tips detil pemanasan sebelum bermain futsall supaya gak cidera trus peraturan penting dlm permainan futsall yg utama harus diketahui…trims

  6. [...] Prinsip dasar bermain Futsal [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: