Perbedaan antara budaya Asia dan Barat.

Ilustrasi ini dibuat oleh seorang seniman China Yang Liu yang lahir di China tapi sekolah di German. Dia melukiskan perbedaan budaya Asia dan Barat :

1. Opini
Opini
Orang Asia cenderung berbelit-belit dalam hal berargumen, terkadang harus berputar-putar dulu untuk mengatakan sesuatu, padahal maksudnya tidak serumit yang dimaksud. Beda dengan orang Barat, langsung ke pokok masalah dan mereka nggak biasa basa-basi.

2. Waktu.
Waktu
Orang Asia terkenal kurang menghargai waktu, kalau ada janji, kadang tidak tepat waktu, banyak alasan.
Orang Barat paling nggak suka kalau janji jam karet alias telat waktu.

3. Gaya Hidup.
Gaya Hidup
Orang Barat cenderung individualis, berbeda dengan orang Asia, kalau orang Asia khususnya Indonesia, makin senang kalau tetap deket sama keluarga, makan ora makan kumpul.

4. Hubungan.
Hubungan
Karena orang Barat lebih individualis, maka dalam pertemanan ataupun bersosialisasi cenderung terbatas, berbeda dengan orang Asia dimana dalam bersosialisasi atau pertemanan lebih komplek, makanya situs jejaring Facebook ataupun Friendster lebih banyak diminati oleh orang Asia, khususnya Indonesia.
Kalau orang Barat sekedarnya saja.

5. Perayaan / pesta
Perayaan / Pesta
Jika ada kenduri atau pesta orang Asia lebih suka mengundang orang sebanyak mungkin kalau sedikit rasanya nggak afdol, bahkan ada yang buat acara beberapa kali dan dilokasi yang berbeda, contohnya dalam acara pernikahan, benar-benar pemborosan, berbeda dengan orang Barat, mau acara pernikahan saja undangannya lewat Fax. dan nggak semua orang diundang, cukup kerabat atau teman dekat, lebih sederhana dan nggak boros biaya.

6. Terhadap sesuatu yang Baru
New things
Orang Barat kalau ada sesuatu yang baru, tidak serta merta keblinger pengen tahu dan pengen memiliki atau memakainya , hanya sekedar tahu saja, berbeda dengan orang Asia, kalau ada sesuatu yang baru, belum puas kalau belum sampai memilikinya, makanya nggak heran kalau orang Indonesia banyak yang konsumtive, punya handphone gonta ganti, bahkan ada yang koleksi HP, mobil tiap tahun gonta-ganti, hanya karena nggak mau ketinggalan model.

7. Anak
Anak
Di keluarga Barat, anak dididik supaya mandiri semenjak kecil, setelah dewasa orang tua sudah melepaskannya, sudah hidup masing-masing berbeda dengan di Asia terutama di Indonesia, perlakuan orang tua terhadap anak sudah sangat protektif, sehingga anak tidak mandiri, sampai usia dewasapun sang orang tua tetap masih aja ngurusin anaknya, dengan harapan keturunan mereka bisa lebih langgeng dan sukses.

8. Trendi
Trendi

Jika orang Barat lebih seneng sesuatu yang berbau traditional dan alami, kebalikannya kalau orang Asia belum disebut trendi kalau tidak bergaya ke barat-baratan, contoh : orang Asia lebih merasa gengsi kalau makan di tempat fast food, padahal dinegara asalnya makanan tersebut bisa dibilang makanan biasa saja.

9. Atasan / Bos
Atasan
Ini yang menarik, orang Asia umumnya memperlakukan atasan lebih dari yang lainnya, nggak sedikit yang j**at p**t*t , dan sang atasannya pun senang diperlakukan seperti itu. Berbeda jika di Barat, atasan tidak terlalu menonjolkan diri sebagai yang punya kuasa penuh, tetap sejajar dengan bawahan, namun tetap punya kekuasaan dan diakui sebagai atasan.

10. Masa Tua
Masa Tua
Kalau orang Asia masa tua lebih banyak ngurusin cucu, kalau di Barat nggak ada namanya ngasuh cucu, paling banter sekedar temu kangen saja, karena hidupnya sudah masing-masing.

11. Transportasi.
Transportasi

Dahulu orang Barat sewaktu muda lebih suka pakai mobil, sekarang malah lebih suka pakai sepeda, mungkin karena faktor pentingnya kesehatan berbeda dengan orang Asia, kalau dulu masih pakai sepeda (mampunya beli sepeda) sekarang sudah harus pakai mobil, kalau mampu lagi pakai supir pribadi.

12. Di tempat makan.
Di tempat makan
Ditempat makan, kalau orang Barat cenderung tertib jika sedang makan, nggak rame dan seberisik orang Asia.

13. Wisata
Wisata
Kalau lagi wisata, orang Asia paling suka photo-photo, beda sama orang barat, kalau ke tempat wisata lebih suka mengamati keindahan suasana daripada photo-photo.

14. Keindahan tubuh ideal.
Tubuh ideal
Orang Barat merasa ideal punya warna kulit tubuh kecoklat-coklatan, makanya sering berjemur dipantai, beda kalau orang Asia terutama orang Indonesia, malah sangat mendambakan warna kulit putih, makanya di Indonesia paling laku tuh artis-artis Indo, malah nggak banyak yang kawin sama bule, biar memperbaiki keturunan.

15. Menghadapi masalah.
Masalah
Kalau orang Asia lebih umum berpikiran bagaimana supaya bisa menghindari masalah, berbeda dengan orang Barat, bagaimana jika saya menghadapi suatu masalah. Makanya jangan heran kalau di Indonesia orang mau sukses ambil jalan pintas, mau bisnis sukses, main suap rekan bisnis, mau anak sukses jadi pegawai negeri, main suap sana suap sini, mau jadi caleg, asal punya duit jadi deh nomor urut 1, nggak sedikit yang datang ke dukun supaya lebih tercapai cita-cita jadi anggota dewan.

16. Marah

Kalau orang Barat lagi marah, memang benar-benar marah, beda kalau orang Asia lebih banyak memedam amarah, terkadang ada istilah dibalik senyuman ada kebencian.

17. Percaya Diri.
PD
Suka tidak suka orang Barat lebih percaya diri dibanding orang Asia.

18. Hari Minggu
Minggu
Orang Asia lebih suka menghabiskan waktu hari libur Sabtu dan Minggu pergi jalan-jalan, sekedar pergi ke Mall, nonton bisokop, kongkow-kongkow, beda dengan orang Barat, lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dibanding pergi jalan-jalan.

19. Makan
Makan
Umumnya orang Barat makan dibagi 3, makan pembuka, makanan Utama, dan makanan penutup, beda kalau orang Asia ketiga2x-nya makanan utama, alias Nasi tambah lagi cie !(logat padang)

About these ads

31 Responses

  1. keren

  2. ah nggak semuanya membuat orang asia inferior, konon hal seperti itu membuat orang asia menjadi lebih maju pesat dibanding orang barat, contoh Asia di australia, ekonomi China dan jepang vs Amerika dan Uni Eropa !

  3. KLASIK OK!FLEKSIBEL!TANGGUNG JAWAB

  4. wwah kl di tinjau ada benernya juga ya.

    mungkin itu semua ada tujuanya…..masing-masing lah…

  5. Gw. Tau emah da benerny jg.. Kt hrs introfeksi dr.. Tp.
    Gk smua pernyataan tuh benar… Pusing ny, ni maksdnya.

    Karena rang barat tuh kebnykn nyotek dah pengen memiliki yg bkn hak nya.. Nyotek pengetahuan.. Nytek adat. Suka ngeja2h.. Kalau bicara tentang rasis. Rng barat msk k dunia k 3, asal lu tau ajh. Asal agama, adat, pengetauhuan, dll. Smuany asal dr timur. Rng barat cm kaya parasit..
    Sorry gw kmnt kaya yg rasis cos lu tuh yg secara tdk langsung orng rasis kaya ISrAEl… Lu kalo mu post. Mikir 162352689 kali. Sebab akibt ny.. Propokator lu. Rasis. Bani israel..

    Maaf Bro, saya Bani Sunda asli bukan Bani Israel, kayaknya terlalu berlebihan deh kalo saya disamakan dengan Bani Israel, dan yang buat ilustrasi ini juga bukan orang Israel koq, orang Asia sendiri malah, ya kalo dibilang rasis, itu tergantung darimana sisi kita memandang, masih ada pemahaman positif lain yang bisa kita ambil dari ilustrasi seperti ini. Coba deh simak lagi lebih dalam.

  6. hehehhee……………………….

    bener juga sihh….

    sib2 mantep penelitian nya…

  7. Kan Ga semua yang barat, terus superior Om?!
    itu kan perbedaan…
    “pandanglah selalu Gelas 1/2 isi’

  8. pernah BACA dimana gitu……..

  9. wuih keren tuh….kalo perbedaannya bisa separah itu….ya….sadar diri j jgn sampek keblinger…

  10. Kereennn!!!!!

    numpang blogwalking yak

  11. Mantab…..
    orang barat lebih percaya diri karena faktor pa ya kira2?

  12. wah… bener bgt tuh. apalagi poin terakhir yang masalah makanan. aq hanya sekedar mau menambahkan, kalo orang barat keringat itu keluar ketika bekerja, berbeda dengan asia khususnya indonesia keringat itu keluar ketika sedang makan yang enak dan pedessssss… wahhhh

  13. ada benernya… ada ganya…
    tapi tadi aku seringnya and barusan chat ma orang bule…
    kebanyakan orang bule anggap orang indo tuch bodoh , males,

    masa q dibilang otak udang….

  14. sip…..
    Btw,knpa dari awal mpe akhir ditulis seolah-olah budaya barat lbih baik?????
    thanks,,bisa Buat referensi ngerjain tgAs CCU

    Sebenarnya bukan niat saya untuk membedakan budaya Barat lebih bagus dengan budaya Timur, ini hanya sedikit perbandingan saja, yang lebih mau saya utarakan adalah dari sekian banyak contoh perilaku tersebut, terkadang masyarakat kita suka niru-niru budaya barat, sementara yang jelek-jeleknya saja yang ditiru, banyak juga budaya2x barat yang bagus yang bisa ditiru..

  15. emg bener si…………
    tapi ada beberapa yang ga telalu…………..!!!!!!!

  16. setelah dibaca2 ada benernya ada juga enggaknya, tapi karna benernya jadi ketawa cekikikan sendiri (nyadar akan diri sendiri), semoga jadi perbaikan kedepannya

  17. ada bnerx jg…

  18. ak lg bkin tgs nie… bgus kok ini sharena.. ^^ cma perlu tambahan jga ttg kebaikan timur lbih byk lg.. misalnya.. org timur rasa care na lbih dlm.. klo org brat dy cndrung cuek.. org barat orgna lbih terbuka MAU melihat sisi baik dr pendpt org.. timur lbih tertutup tp srg kali jd perpecahan krn gag trima pndpt org lain~hayoh kita ktana mau demokratis? (>.<) timur ska bgdh gtong royong mrk loyal sama kelompokna.. org barat lbi ska brdri ndri walaupun akhrna dy mlah bertentangan ma klmpkna.. barat terlalu bebas sgala2na.. timur smua na d bts2in.. yah.. mnurut ak..

    yg nama na barat dan timur it sma aj ad baik bruk na.. titik baikna adlh nemuin celah dmn kita bsa slg mlihat dan introspeksi.. by hal yg bsa kita dpt dgn blajar dr org lain.. jgn sampe mlah jd slg tuding..

    kita GAG BOLEH ngejudge org berphak ama si A ato si B krn ap yg dy ktain.. inged it.. ^^ btul kan smua?????

  19. ada yg bener ada yg nggak, sebagian besar bener sih tapi.. nice info lah..

    kadang emang orang asia tuh sok2 barat, kalo pny duit pasti berusaha “tampil barat”, kesannya orang barat tu udah paling ganteng apa, wlpn sepertinya iya jg.

    dan orang indonesia tu banyak yg emang ngeliat dirinya lebih inferior dari org eropa, ga berani membanggakan diri sendiri. kalo ini bkn asia scr keseluruhan, makanya saya tulis yg setau saya aja, org indonesia, krn org jepang bangga kok menjadi jepang, mlh orang korea utara sama orang iran berani menantang barat, terlepas dari mereka tnyt benar atau salah, tp yg jelas mereka merasa mereka ngga kalah.

    sekarang, mari kita stop merasa eropa lebih hebat, ambil positifnya, dan yakin kita pasti bisa. karena 1 hal yg pasti: ORANG EROPA JG MANUSIA KOK.

    Ya .. betul sekali, ini yang saya maksudkan….

  20. wah,,menarik sekali!!tlg cari banyak info lebih lagi,,saya tunggu,thanx^^

    Waduh.. saya dikasih PR nih… oke mudah2x-an ada info lainnya lagi..nanti kalo ada saya posting lagi..

  21. Hehehehe,,,masuk akal juga seeh,,,

  22. That’s very good..
    memang bener…
    1 lagi.
    Kebanyakan orang asia (khususna indonesia)
    lebih suka nongkrong dipinggir jalan dariada orang barat.

  23. makasih ini buat tambah2 bahan tugas gw…
    sip…

  24. ini memang mantap
    orang asia memang begitulah
    saya juga sedang mempelajari perbedaab budaya ini.

  25. bagus kali……
    ayoo melngkah dgn mensykuri apa yang telah allah brikan kpd kita (indonesia)……..
    indonesia pnya rgam budaya yg gug d mliki org barat

    kita kan suka minder yak ma org brt……
    tpi kita gug thu mngkin jg org brt pngin kya org indonesia yg bisa lbih dkt ma keluarga……bisa nikmatin hari tua ngeliat ank cu2,,,,, klu mrka kan ga kaya gitu,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    allah ngasih perbedaan byar kita bisa sling introspeksi stu sama lain……………
    ikuti yg baik,,kmbangkan yg sdh baik!!!!!!

  26. jangan melulu ngerendahin orang timur/asia. fetback dong. bumi ini rusak apa penyebabnya, karena teknologi yg tidak dibatasi, efeknya di bumi yg kita tinggalali ini…….. sapa yg nyiptain? orang barat kan. orang asia sebagai korban ulah mereka. orang barat terlalu ilmiah, orang asia khususnya indonesia masih alami dlm sgl hal, dulunya.

  27. nice

  28. hmm…. mnurut saya mah ini bener… memang bener….. tapi bukan bermaksud bahwa orang barat paling bener….
    ORANG BARAT DAN TIMUR ITU SAMA2 SALAH, DAN BENAR. ngga ada yg paling bener, dan yang paling salah… karena kita sama2 hidup di bumi…… mendingan kita intropeksi diri aja dulu lah…. diri sendiri aja belom bener udah ngatain orang lain kaga bener… – -“

  29. Perayaan/pesta, itu juga lebih baik asia daripada barat… karena kalau banyak orang yang diundang di suatu pesta itu lebih mempererat tali silaturahmi..

  30. Infox ditambah lg donk…biar lbih menarik n thu perbedaanx

    Ditampung dulu ya gan..

  31. keren…..
    emang bener y….
    dunia udh kebalik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: