Program pelacak Handphone berbasis GPS melalui website.

Pernahkah anda kehilangan atau handphone anda tertinggal di suatu tempat? di kantor, di rumah, di mall bahkan mungkin dicolong orang?
Jika itu pernah anda alami, sungguh sangat menyebalkan, sudah dicari kemana-mana tetep nggak ketemu, padahal data-data penting anda tersimpan di Handphone anda.

Saat ini sudah ada aplikasi untuk melacak keberadaan handphone kita yang hilang atau tertinggal. Aplikasi ini berbasis Web/Internet, jadi jika suatu saat anda merasa kehilangan, maka anda bisa mencari dan melacaknya di Internet. Aplikasi berbasis web ini bisa anda buka di http://phonelocator.mobi, perlu diingat bahwa saat ini aplikasi ini hanya bisa untuk handphone Nokia dan OS Symbian 60 V3+.

Agar Handphone anda bisa terlacak, tentunya syarat utamanya adalah Handphone anda memiliki fasilitas GPS.

Tahap-tahap untuk menginstall handphone anda supaya bisa terlacak di internet :

1. Pertama-tama, check compatibilitas dari handphone anda dengan aplikasi ini.
Anda bisa check di http://phonelocator.mobi/phones
2. Kemudian registrasi ke dalam situs ini, dan selanjutnya anda download scrip aplkasi untuk dipasang di Handphone , simpan file ini di komputer anda, untuk kemudian di transfer ke handphone, dan lakukan proses intallasi di Handphone anda. Bisa juga di install lewat Nokia PC Suite.

3. Setelah anda install di Handphone, maka akan muncul incon PhoneLocator di bagian aplikasi di handphone anda.

4. Dalam program ini ada 2 tabulasi yakni Status dan Setting.
Status untuk menunjukan kondisi aktif atau tidak dari aplikasi phonelocator ini, disitu akan muncul status “GPS disable” artinya saat ini handphone anda tidak aktif untuk menstransmisikan posisi GPS.
Untuk mengaktifkannya pilih Option –> kemudian akan muncul 3 pilihan, yaitu :
– Enable trancking
Mengaktifkan fasilitas GPS di handphone anda, sehingga program akan bekerja menerima dan mentransmisikan posisi GPS anda ke intenet, perlu diketahui untuk mentransmisikan GPS ke internet akan memakai pulsa anda. jadi anda harus bijak menerapkan setting transmit posisi ini secara periodik, menunya ada si tabulasi Setting
– Satelite Status
Memperlihatkan apakah sudah terkoneksi dengan GPS atau belum. Jika belum muncul posisi GPS anda, coba cari tempat keluar rumah atau gedung supaya dapat posisi yang bagus untuk menerima sinyal GPS.
– Open Web page
Koneksi ke halaman web di phonelocator.mobi. (cuma sayang untuk versi Handphone tidak ada menu untuk melihat peta lokasinya, kalau anda membuka websitenya akan terlihat posisi kita di petanya).

Kemudian ada satu lagi tabulasi untuk Setting :

Ada 5 point :
1. Update Server every :
Setting untuk update status posisi GPS ke internet setiap :
– Setiap posisi kita bergerak, maka akan langsung diupdate posisi GPS kita ke internet.
– 30 detik mengupdate posisi GPS.
– 1 Menit
– 10 menit
– 30 menit
– 1 Jam
– 2 Jam
– dan 1 hari sekali mengupdate posisi GPS ke internet.

2. Intelligent Update
Saya belum faham untuk fasilitas ini. Kemungkinan proses update tergantung dari mekanisme program itu sendiri.

3. Batery Saver
Mekanisme pengaturan battery agar lebih effisien, dikarenakan proses update GPS yang terus menerus sesuai dengan priode yang sudah diset.

4. Run in Background
Setting agar supaya program bisa tetap berjalan, walaupun sudah keluar dari program ini, hal ini agar supaya si pengguna tidak mengetahui akan adanya program pelacak handphone ini, namun perlu diingat dengan proses yang menetapo dan terus mengupdate, maka battery handphone anda akan cepat habis.

5. Access Point.
Jalur koneksi yang digunakan untuk mengupdate posisi GPS ke Internet.

Kemudian cara untuk melihat posisi kita di website, kita tinggal login ke website ini, kemudian ada menu Public Map, nah disini akan terlihat posisi kita, disertai juga history lokasi / perjalanan yang pernah anda lewati. Anda bisa menset apakah history posisi anda ditampilkan ke Public atau tidak. Namun sayang peta ini belum ada fasilitas group-nya, kalau ada kita bisa membuat group sendiri, dan memasukan accout hanya untuk teman-teman kita saja. Dan juga kalau bisa aplikasi ini bisa “nemplok” di FaceBook dan terintegrasi dengan featur facebook, sehingga akan semakin mudah mengaksesnya.

Ada kelebihan lain dari website ini, yakni peta yang ditampilkan bisa di pasang di blog atau website kita sendiri, anda cukup menyalin script Iframenya, dan tentunya blog atau homepage anda harus support IFRAME.

Sebenarnya ada satu lagi “adik” dari program ini yakni “Periodic” dimana untuk yang satu ini ada perbedaan dalam hal update posisi GPS, dimana anda bisa menset update otomatis atau manual, dan juga ada kelebihan lainnya yaitu, jika kartu SIM anda diganti dengan SIM lain, maka program akan membertahu nomor SIM yang baru dan mengirimnya lewat SMS ke nomor-nomor Handphone yang sudah diset di program ini (anda bisa atur penerima SMS ini di menu Setting–> Buddy Number), Fasilitas ini juga bisa digunakan manakala jika Handphone kita dicolong, atau digunakan oleh orang lain, maka posisi penggunanya akan bisa kita ketahui dan kemudian bisa kita hubungi )

Anda bisa mendownloadnya di sini http://periodic.phonelocator.mobi/home/download

Prosesnya akan sama dengan cara installasi PhoneLocator diatas, dan juga anda harus membuat account baru yang berbeda dengan account di Phonelocator.

Selamat mencoba.


baca berita di lintas berita

About these ads

9 Responses

  1. nice info gan……..

    mantap….

    salam kenal…..

  2. gimana caranya liat/trace dari web setelah install softwarenya?

    tolong bantu donk.. aku lagi nyoba nih…

    Caranya mudah sekali, setelah aktifkan program phonelocator di HP anda, kemudian lakukan kirim posisi lokasi GPS anda, nah setelah itu anda bisa check dengna masuk ke websitenya terlebih dahulu, login, atau buat account dulu, terus ada menu My Map, nah disitu akan langsung terlihat posisi GPS yang baru anda kirimkan, begitu juga jika anda aktifkan send posisi GPS dalam waktu perjalanan anda, maka jika kita lihat di webnya, akan terlihat track perjalanan yang anda lalui, opsinya anda pilih Show Track pada pointer posisi anda di Web.

  3. thanks tipsnya gan, nyoba jg ah,,,… kunjungan n salam kena gan, welcome to my blog.

    Terima kasih dan salam kenal juga mas.

  4. mas saya mau tanya,

    Ada kelebihan lain dari website ini, yakni peta yang ditampilkan bisa di pasang di blog atau website kita sendiri, anda cukup menyalin script Iframenya, dan tentunya blog atau homepage anda harus support IFRAME.

    saya cari Xhtml nga ada, lewat mana ya mas ,trims

  5. bagaimana cara mudah seeting gps lacak di handphone N97

    Sudah dicoba cara diatas di handphone N97 anda?
    Bagaimana hasilnya?

  6. yang buat lacak lokasi no seluler ada gak?

    Sampai saat ini saya belum belum mendengar yang namanya tracking cellphone secara langsung, kecuali mungkin aplikasi yang ada di internal system provider telepon itu sendiri, paling yang aplikasi yg sudah ada kita harus menginstall sesuatu di HP target yang akan dilacak terlebih dahulu dan inipun umumnya harus support GPS, atau juga bisa mengunakan aplikasi Google Latitude, tapi ini juga harus terlebih dahulu minta persetujuan dari orang yang akan kita lacak.
    Kalaupun ada aplikasinya, mungkin kita bisa lacak orang2x yang selalu kirim SMS penipuan yang akhir2x ini sering mengganggu kita.

  7. saya mau tanya, klo melacak hp melalui sim / no hp bagaimana caranya,..?
    tolong di kasih tau ya,.. terimakasih..

    coba masuk ke sini gan, http://www.ceebydith.com/pulsa/hlr.html akurasi saya belum yakin.. tapi coba aja.

  8. udh terlanjur di curi hp gua

    Waduh.. turut sedih..semoga dapet pengganti HP baru mas..

  9. Software juga bisa di download secara gratis di http://www.myservergps.com. Juga bisa dilacaka melalui web yang telah disediakan secara gratis

    Thank’s for sharing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: