Pola Permainan dalam Futsal

          Bermain Futsal tidak jauh berbeda dengan bermain Sepakbola pada umumnya, butuh kekuatan stamina, mental dan strategi. Ada sedikit perbedaan mendasar dalam hal pola permainan dan pengaturan serangan.

          Pola permainan dalam Futsal banyak didominasi permainan kaki ke kaki, maksudnya pengaturan dalam bertahan, maupun menyerang lebih banyak dilakukan
 dengan umpan-umpan pendek, mengingat ukuran lapangan yang lebih kecil dibanding lapangan sepakbola. Dengan pola seperti ini skill dan kekompakan tim terutama dalam mengolah bola, mengumpan, menjaga pertahanan dan menyerang ke daerah lawan sangat diperlukan.

          Didalam Futsal jarang sekali diterapkan umpan-umpan panjang, strategi ini hanya buang-buang energi, disamping itu juga tidak mencerminkan permainan yang baik dan enak dilihat . Namun demikian, bukannya hal tersebut dilarang atau tidak disarankan, tinggal kembali kepada individu sendiri, mau bagaimana memainkan permainan Futsal tersebut.
          Jarangnya teknik-teknik tersebut diterapkan, hal ini lebih kepada bisa terciptanya pola permainan yang cantik, enak dilihat serta proses gol yang indah. Begitu juga dengan  heading bola, gol-gol yang tercipta dengan kepala bisa lebih terlihat bagus dan enak untuk dilihat, terlebih jika proses penyerangan tersebut dilakukan dengan pola penyerangan terstruktur.

          Nah sekarang tinggal bagaimana kita membuat suatu pola dan strategi bermain yang bagus, untuk hal itu tentunya ada beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam menciptakan pola permainan yang bagus.
1. Penguasaan terhadap bola.
          Untuk melatih penguasaan bola tahap pertama adalah dengan memfokuskan pada kekuatan dan kelincahan dalam pergerakan kaki, sebagaimana saya jelaskan dalam artikel Tips warming up sebelum bermain futsal,  pemanasan sangat diperlukan, lakukan sesering mungkin dribling untuk menselaraskan pergerakan kaki dan arah bola, bisa dilakukan dengan variasi zig-zag.

2. Komposisi Pemain.
           Untuk membentuk tim yang bagus, cermati skill tiap-tiap pemain dalam hal penguasaan bola, pengaturan serangan dan menyerang.Tempatkan pemain yang memiliki model pergerakan kaki yang rapat sebagai pemain bertahan, rapat di sini maksudnya model pergerakan kakinya yang tidak terlalu panjang, hal ini bisa lebih berguna untuk menghambat laju pergerakan bola lawan, dan sebaliknya tipe pemain dengan pergerakan panjang lebih bisa dimanfaatkan sebagai penyerang.
            Untuk pemain tengah dibutuhkan sosok yang memiliki kemampuan mengatur serangan dan yang lebih diutamakan adalah kemampuan stamin yang paling prima, mengingat posisinya memungkinkan melakukan penyerangan dan bertahan
 3. Teknik dan Pola Permainan.
           Jumlah pemain Futsal bisa dilakukan 5 atau 6 orang termasuk penjaga gawang. Penempatan pemain yang pas menurut karakter dan gaya permainan masing-masing posisi akan lebih menyeimbangkan pola dalam bertahan maupun menyerang, adapun posisi yang bisa diterapkan sebagai berikut.
Jumlah pemain 5 orang :
 1. Pola 1 – 2 – 2 
Pola 122

Jumlah pemain 6 orang :
1. Pola 1-2-1-2
          Untuk pola ini 1 orang penjaga gawang, 2 orang back kiri dan kanan, 1 gelandang dan 2 striker kiri dan kanan.
Pada saat bertahan posisi semua berada di daerah sendiri dengan pola:
Pola 1212
         Pengatur serangan yakni gelandang bisa mengumpan ke posisi dua penyerang dan bola bisa dimainkan diketiga posisi tersebut guna mencari celah untuk shooting bola ke gawang lawan.
         Tugas back kiri/kanan selain menjaga pergerakan lawan, juga ada pembagian tugas ambil bola mati didaerah sendiri, jika bola mati ada di kanan maka back kanan yang mengambil bola, begitu juga sebaliknya, diusahakan jangan saling mengambil posisi,
tujuannya agar selalu fokus terhadap daerah/wilayahnya sendiri. Sementara tugas gelandang yakni mengatur serangan dan membantu pertahanan, makanya gelandang paling memiliki stamina dan skill yang lebih prima.

2. Pola 1-2-3
         Pola ini bisa diterapkan dengan catatan posisi 2 bek bisa menjaga dan mampu membantu penyerangan, tentunya kapasitas 2 bek ini tidak hanya kuat mempertahankan area gawang, namun juga mempunyai skill dalam pengaturan serangan, sehingga tiga penyerang bisa leluasa mengobrak-abrik pertahanan lawan. Dengan pola ini diharapkan pola serangan lebih dipertajam.
Pola 123

3. Pola 1-1-2-2
          Pola ini menjadikan ada posisi back yang menggantung dibelakang dua pemain tengah, hal ini bertujuan supaya si back tunggal tersebut bisa menghalau dengan lugas serangan-serangan yang kemungkinan lolos dari pertahanan sektor gelandang. Skill yang dimiliki oleh back tunggal ini harus benar-benar prima, mampu membaca pergerankan bola dan serangan lawan, disamping itu juga memiliki phisik yang kuat, mangingat posisi antara back tunggal dengan gelandang sejajar, dimana pada posisi ini akan menghalau serangan -serangan baik dari kiri maupun kanan, dan tentunya kerjasama dan kekompakan dengan posisi gelandang sangat perlukan.
          Pada pola ini juga, posisi sayap kanan maupun kiri difungsikan bisa membantu pertahanan, turun ke bawah membantu back tunggal tersebut, maka dari itu posisi sayap ini harus memiliki kecepatan lari dimana harus melakukan penyerangan dan segera balik ke pertahanan.
          Didalam pola ini, jika terjadi bola mati didaerah pertahanan kiri maupun kanan, maka yang berhak mengambil bola yakni masing2x sayap tersebut, tidak diserahkan kepada back tunggal tersebut, mengingat jika dilakukan oleh back tunggal, maka dikhawatirkan posisi pertahanan jadi lowong.
          Dari semua pola yang diterangkan diatas, pada dasarnya diterapkan sebagai optimalisasi pola serangan atau pola bertahan dalam suatu permainan itu sendiri, sehingga para pemain bisa lebih memahami strategi permainan dan fokus terhadap tugas dari masing-pemain.
Pol 1122

Salam Futsal…


baca berita di lintas berita

About these ads

137 Responses

  1. tq y info na skr aak 2 maen da lebih teratur mas lumayan mas bs jd juara 3 waktu turnamen ultah perusahaan

  2. Selamat buat timnya pak Joko, moga2x tahun depan targetnya bisa juara 1, betul sekali apa yang pak Joko katakan, di Futsal maen teratur itu bisa jadi kunci sukses juga…

    Dapet Juara 3, ada acara makan2x donk pak..? he..he..

  3. terima kasih berat nih mas adoer, teknik dan strategi diatas sepertinya boleh dicoba dalam permainan futsal nanti nih… soalny klo main futsal posisiny ga teratur, pada saling tuduh2an deh klo kalah, btw.. ada artikel tentang tips dan trik dalam menyerang, bertahan tapi dalam format video gitu… biar bisa diliat dan dilatih.

  4. Terima kasih buat bang Ucok, salam kenal bang…

    Untuk format video, saya belum bisa sajikan, namun kedepannya rencananya saya akan buat untuk trik2x penguasaan bola, yang dasar2x dulu aja, setelah itu mungkin lebih mendalam tentang teknik menyerang bertahan dll.

    Sementara saya baru bisa sajikan format video, trik 2x dari pemain2x bintang luar negeri, bisa dilihat di bagian https://adoer.wordpress.com/downloads/

  5. oke.. salam kenal juga… terus dikembangkan ya…. biar lebih menarik nih… :-)

  6. main futsal seharusnya melalui peraturan masing-masing broo!!!!!!!!!!oce.Salam manics ………buat tetangga yang m,lihatnya

  7. keren…kami lagi belajar futsal dan kalah mlulu. posting ini ada mnfaatnya kalo kami coba dan bisa menang hehe..

  8. HaLLoooWWW,,,,

  9. thank’s to my God,.my Parents,.My Brothers,.n My Fans,.God bless u All.!!!

  10. slm kenal..maksih atas tulisannya..numpang ngopy ya…
    tar kami coba

  11. salam kenal bro……….
    terimakasih atas semua yang diberikan,
    bukannya sekarang futsal 5 orang dengan kiper kenapa 6 orang sama kiper,
    kalau boleh bro…. tolong dunk kasih teknik bermain pola dengan kombinasi 2 didepan 1ditengah dan 1 dibelakang…..
    kirimikan ke email saya ya boz….
    dan satu lagi……apa yang paling utama untuk nermain futsal, teknik, stamina, skill atau yang lain-lain bro…….

    terimasih banyak

  12. Salam kenal juga mas neo,

    Memang ada juga yang menerapkan aturan 6 pemain, yang umumnya memang 5 orang, untuk pola 1-1-2 kunci utama ada di pemain 1 ditengah, posisi ini harus menonjol dari yang lainnya, fhisik, control bola, umpan bola, dan kalo perlu punya shooting yang bagus, permainan banyak dimotori dari posisi ini, begitu juga dalam posisi bertahan, posisi tengah ini harus bisa ikut menjaga pemain dibelakangnya, kekuatan fhisik sangat diutamakan karena harus bisa menempatkan posisinya disaat dia menyerang dan disaat bertahan. Kekompakan tim, kekuatan fisik, serta variasi serangan tetap dibutuhkan.
    Keutamaan bermain futsal lebih kepada bagaimana memadukan teknik, stamina, skill, dan strategi..bukan berarti unsur2x tersebut kita abaikan, semua unsur tersebut memiliki porsi masing2x.
    Semoga membantu..

  13. salam kenal mas adoer….
    saya setuju bgt sama neo..
    kayaknya yg lagi “in” sekarang 4pemain + 1 kiper mas..
    jd.. tolong mas adoer jelasin juga dong pola-pola buat futsal 4 pemain..
    trus kalo bisa sekalian kasih tau teknik-teknik kiper di futsal.. thanks.

  14. Futsal bukan 6 orang cizzzzzzzzzzzzzzz

    tetapi 4 doank kleeeeeeeeeeeee

    klo main futsalnya di monas sich iye begitu

  15. Umumnya Futsal dimainkan oleh 5 orang pemain (1 orang jadi kiper), namun ada juga yang memainkan 6 orang, bahkan ada juga futsal 3 on 3, nggak ada masalah..
    Kalo 4 orang (1 orang penjaga gawang) saya belum pernah lihat.. atau mungkin karena sering dimainkannya dibekas empang jadi saya nggak pernah tahu…

  16. Thanx bgt taktikny.psti brguna bgt bwt gw

  17. gimana caranya

  18. Loh ko’ 6 orang (termasuk 1 kiper)? waduh yg biasa saya maenkan cuma 5 orang dlm 1 tim. Di kejuaran dunia futsal jg cm 5 orang.
    kan banyak taktik2 mulai dari yg 2-2 atau 1-2-1,dll. Klo ada tolong ya di post,hehehe

  19. menurutk salah besar.futsal tu ada 5 orang.jd gak enam ekor.tim ku SMAN 1 JETIS PONOROGO menerapkan formasi 3-1.mksde…penyerang-sayap+ bek kri kanan-bek tengah.bagi cpa2 yg ingin prtandngan persahabatan kami senang hati akan meladeni.Jl.sukowati 35 kutu kulon jetis ponorogo.

    Memang betul FIFA menetapkan aturan pemain Futsal 5 orang pemain.

  20. knapa msti 6 orang bro..? pdhal mnrt fifa jmlh pemain cm 5 orang termasuk kiper.

  21. knapa msti 6 orang bro..? pdhal mnrt fifa jmlh pemain cm 5 orang termasuk kiper.

    Kenapa musti 6 orang? karena memang nggak ikut aturan FIFA bro, saya membahas Futsal dengan 6 orang pemain, didasari dari beberapa turnamen yang pernah saya ikuti (khusus antar perusahaan). Beberapa panitia turnamen ada yang menerapkan jumlah pemain 6 orang, dan itupun karena ada kesepakatan diantara peserta, mengingat mungkin yang namanya karyawan kan bukan pemain profesional, jadi ada pertimbangan jika 5 orang stamina para pemain (4 pemain 1 penjaga gawang) staminanya akan terkuras, makanya ada keinginan ditambah 1 orang lagi. Jadi bukannya saya sendiri yang menetapkan bahwa Futsal itu dimainkan oleh 6 orang pemain, (mungkin bro bisa baca postingan saya sebelumnya tentang Turnamen yang diikuti, karena ada sedikit kaitannya degan postingan ini). Mungkin lain waktu kita bahas pola permainan dengan 5 orang pemain…
    Silahkan Bro semua kalau mau posting tentang Futsal, baik tips, strategi, nanti akan kita masukan disini Terima kasih.

  22. mksih ats wktu y. gw plyer ne,gmn cr y pertahanan kt selalu bobol, qt dah buat posisi, tohn ke bobolan jg
    gmn
    gw pya sran,pls tambah kan dikit strategi ack y bro ..??
    dan gmn y caray mnjdi wg back yg baek
    tu aj dari qt mohon saran ya .,.//

  23. boss…salam olah raga..!!

    Salam olah raga juga pak Abet

    lg mo coba jd kiper futsal kantor nii…
    katanya sii pas uji coba kmrn kt yg lain dah bagus jd kiper aja…mereka bilang..wuiiiiiihhh…kipernya berani matiii..hehehe…ditendang terus boss..lumayan bonyok..tp seruu..

    Biasanya ada dua alasan mereka memuji kita, kalau nggak karena nggak ada lagi yang mau jadi kiper, maka biasanya diangkat salah satu jadi kiper dengan cara memuji-mujinya supaya kita tetap mau jadi kiper, atau yang kedua memang bener-2x kita punya bakat jadi kiper dilihat dari postur tubuh, kelincahan menangkap bola, dan kejelian membaca tendangan lawan disamping keberanian. Mudah2x-an pak Abet dipuji karena alasan yang kedua…

    menurut boss apa aja sii yg diperluin buat bisa jd kiper futsal beneran…

    Maksudnya jadi kiper profesional atau bagaimana?, yang jelas kalau mau jadi kiper entah hanya sekedar jadi kiper tim sekelas kantoran atau tim profesional, ya dasarnya sih sama aja, biasanya faktor keseriusan yang membedakan, seperti kutipan dari beberapa sumber bahwa jadi kiper futsal memerlukan kemampuan mengkombinasikan keahlian (pergerakan, keseimbangan, dan koordinasi), punya jiwa keolahragaan yang kuat, dan mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Disamping itu kiper juga harus belajar instiusi dan antisipasi dari tendangan lawan dan permainan itu sendiri. Demikian yang saya tau pak..

    thx yaa…boss..

  24. kalo mau ngatur strategi ya ikut aturan fifa dong…… masa pake aturan sendiri………. gak dipake di sini bro……… dasar combro………

    Saya sudah jelaskan dari awal jumlah pemain menurut FIFA 5 orang, yang saya jelaskan memang untuk 6 orang.. siapa yang larang kalau saya mau maen futsal 5 orang, 6 orang, 7 orang.. siapa yang larang kalau ukuran lapangan2x Futsal yang ada di Jakarta nggak ikut standar FIFA, banyak yang bekas gudang, bekas parkiran langsung disulap jadi tempat penyewaan Futsal,
    Futsal sama seperti olah raga yang laen selain untuk kebugaran tubuh juga untuk hiburan disamping untuk prestasi…
    Jadi kalau memang ada penyelenggaraan Futsal, entah untuk sekedar latihan, turnamen kecil2x-an, dll dan tidak mengikuti aturan FIFA, ya tidak jadi masalah, kecuali untuk pertandingan2x resmi, baru..aturan yang dipakai aturan dari FIFA.

    Jadi combro-nya gimana, pedes apa manis?

  25. untuk pak hari, kalo jadi kiper, jangan takut bola ya, tabrak2 aja, apa lagi wayan, masa maennya keple……………
    kebanyakan nyendok………………………… lihat sendal jepit……………

  26. Bagus….neyhhh blogs
    secara gw butuh banget info tentang futsal

  27. thank,s ataz info..

    saya stuju apa yg anda jlskan trsbut…

    cayo..Futsal..

  28. dalam futsal yang gw dapet,da yang namanya rolling,yaitu semua pemain (kecuali kiper) bisa menjadi pemain bertahan dan menyerang…dengan formasi dasar 2-2 yang berbentuk segi empat semua pemain melakukan rolling/rotasi posisi,rolling merupakan dasar dalam bermain futsal,dengan rollling/rotasi posisi akan membuat bingung lawan dan serangan lebih bervariasi dengan perubahan formasi menjadi 1-2-1 ato 2-1-1 ato 1-1-2 ato 1-3..

  29. [...] waktunya masih lama, jadi sebaiknya kita persiapakan lebih awal sebaik – baiknya, baru aja nemu taktik futsal, semoga berguna : 1. Rinto 2. Wensa 3. 4. 5. __________________ WENSA KEREN my blog : [...]

  30. [...] waktunya masih lama, jadi sebaiknya kita persiapakan lebih awal sebaik – baiknya, baru aja nemu taktik futsal, semoga berguna : 1. Rinto 2. Wensa 3. 4. 5. Nice tips wenn… nanti kita atur [...]

  31. yang mau tanding futsal
    hubungi : dinz (08999176708)
    E-mail..dinz_777@rocketmail.com
    d tunggu segera!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Ayo sapa yang mau sparing, sudah ada lawannya nih…..

  32. soree,,
    mantap nih infonya..
    terimakasih..
    mampir ya!
    salam

    Salam juga bro.
    sama-sama bro. terima kasih juga.
    Terima kasih sudah mampir

  33. Saya bkn pemain futsal tulen, nyoba2 kemaren ikut kejuraan futsal eh… lansung juara, basic saya lapngan besar, dgn pola back tunggal yg dibantu pemain tengah jika diserang. tenyata pola ini efektif mematahkan serangan lawan, dan cukup baik disaat menyerang. dan saat ini kami ikut lagi kejuraan lagi dan telah lolos putaran ke 2 dengan pola yg sama. ternyata main futsal itu enak untuk dinikmati.

    Selamat bro, tinggal diexplore variasi-variasi teknik serangan dan bertahan, sama tambah stamina fhisik. Silahkan kalau ada pengalaman dan tips maupun trik, siapa tahu bisa menginspirasi yang lain.

  34. y ud lah..mao maen 6 orang taw 5 orang sama aja lah..yg intinya maen futsal itu selaras banyak2 maen umpan jarak deket..dan satu lg..jng kebanyakan ngegoreng aja..maen oper2an aj..dan yg penting..tendangan hrs bner2 kenceng..

  35. y ud lah..mao maen 6 orang taw 5 orang sama aja lah..yg intinya maen futsal itu selaras banyak2 maen umpan jarak deket..dan satu lg..jng kebanyakan ngegoreng aja..maen oper2an aj..dan yg penting..tendangan hrs bner2 kenceng..bner mas adoel

  36. thank info’y
    formasi yg disampaikan sgt membantu permainan kami
    sukses selalu….

    Sama-sama bro..sukses juga

  37. oh ya mas….apakah seluruh pemain futsal harus terus bergerak dalam permainan..atau menunggu dtg’y bola…?

    Itulah perbedaannya antara bermain Futsal dengan Sepak Bola umumnya, dalam Futsal pergerakan pemain sangat disarankan, karena berbagai serangan ke pihak lawan sangat ditunjang oleh pola pergerakan pemain dalam menerapkan pola serangan, pola serangan yang cenderung statis akan gampang dibaca oleh lawan, maka untuk itulah kuasai pola-pola penyerangan sebanyak mungkin, dan lakukanlah secara bervariasi, tanpa pergerakan pemain, variasi serangan akan menjadi statis. Demikian mas topan, semoga membantu..

  38. wah artikel menarik mas
    saya sruput ya.

    mantap.

  39. salut dah buat bozz

  40. pola buat yang 5 pemain banyakin dundh. klo bs kirim k email gw ye. salam olh rga

    Mohon sabar ya mas, mudah2x-an secepatnya bisa segera diposting.

  41. Tanggal 3 mei ntar kami tanding..Tapi komposisi pemain kami boleh dibilang ga merata..Faktor apa saja yang harus kami manfaatkan ? Baik dari lawan maupun dari tim kami sndri ? Terimakasih….

    Terima kasih atas kunjungannya mas Wawan,
    Saya cukup memahami kondisi tim dimana skill dan kemampuan tiap pemain tidak merata, hal ini akan sedikit report dalam menerapkan strategi yang akan diterapkan, menurut saya ada beberapa hal yang mungkin bisa kita optimalkan :
    1. Dengan kondisi apapun, terlebih dalam menghadapi suatu pertandingan perlu ditekankan kepada setiap pemain agar tetap selalu memiliki semangat juang yang tinggi jika ingin memenangkan suatu pertandingan, kekompakan tim juga harus tetap dijaga. Mungkin kondisi tim seperti ini juga akan mengurangi rasa percaya diri baik secara tim maupun individu. Perlu ada sosok pemimpin dalam tim yang bisa memberikan kepercayaan diri yang kuat kepada tim.
    2. Tim harus bisa mengatur irama permainan, ketenangan dalam bermain dan kejelian memanfaatkan peluang terutama kemampuan membaca pola permaianan lawan sedikit banyak akan meningkatkan kualitas permainan kita, mengingat kondisi tim yang kurang merata, tidak ada salahnya menerapkan atau memperkokoh system pertahanan, walaupun orang bilang pertahanan yang baik adalah dengan terus menyerang.
    3. Manfaatkan pemain-pemain yang memiliki skill dan kekuatan phisik yang bagus untuk menutup kekurangan pemain yang lain, mau nggak mau harus lebih berjibaku, lebih bagus lagi jika pemain tersebut bisa melakukan komunikasi yang inten pada saat permainan, disini perlu seorang pemain / kapten tim yang bisa melakukan komunikasi dan pengaturan kepada rekan tim yang lain, dan pemain yang lain harus bisa menyelaraskan apa yang di isyaratkan sang kapten. lebih bagus pegaturan ini dilakukan sebelum pertandingan, mengingat terkadang apa yang diisyaratkan sang kapten kurang mampu diikuti oleh yang lain, biasanya hal ini diakibatkan pada saat pertandingan ada kebingungan antara realita pertandingan dan strategi yang akan diterapkan, sehingga terkadang pola permainan tim menjadi tidak terarah/kacau.
    4. Fokus kepada permainan tim, jangan terlalu sering melakukan man to man action, misalnya dalam penguasaan bola atau pada saat bertahan, terlebih jika tim lawan memiliki skill yang tinggi.

    Mungkin itu yang bisa saya ungkapkan, semoga saja bisa membantu..

    Selamat bertanding semoga sukses..

  42. terimakasih banyak….mas…moga makin rame aja yang nanya….

  43. dear all….
    gw lagi butuh video pertandingan futsal (piala dunia or apa pun lah) buat tim futsal gw…
    tolong ya bro..klo ada mo bantu krim email aj ke juven10_azzuri@yahoo.com…..thanks all….
    CIAO

  44. salam bwt para penggemar futsal……

    gw seneng dengan adanya taktik bermain ini..gw dulu lama maen di lapangan gede..tapi pas nyoba futsal jadi ketagihan..maen kadang 3x seminggu..mantaffff…gw suka taktik lo cuy.tp alangkah baeknya klo lo jg ngasih taktik futsal bwt 5 pemain ( dah termasuk kiper)…tapi boleh jg sekali2 di coba neyh maen 6 pemain..gw yakin gak terlalu cape..tp kyknya padet ya lapangannya..!!!!…thanks atas informasi taktiknya…ksh tau gw dunk turnamen futsal di jakarta or bandung

  45. wuih cara bagus nih

  46. Bos boleh gak gw copy tuh posting buat isi postingan gw? Maklum kami adalah klub futsal baru, jadi masih perlu banyak teori-teori.

    Ya boleh-boleh saja mas… mudah2x-an bermanfaat..

  47. aritkel yang menarik…. salam futsal dan salam kenal bung adoer

    Salam kenal juga mas..terima kasih sudah mampir..
    Salam Futsal

  48. mas ne futsal ato pa?
    setauku futsal 5 org ma kiper tapi di gambar formasinya kok 6?

  49. maaf, futsal itu 1 tim hanya 5 orang……………….bukan 6 orang…

  50. bravo sepakbola mas adoer..stlah baca artikel diatas g mw minta saran nich soal strategi futsal..begini mas tim kami tuh hampir semua terdiri dari tipikal pemain yang suka jadi penyerang..jadi kl kami tnding pasti keteteran di barisan pertahanan karena semuana keasyikan maju menyerang dan terlmbat mundur..bagaimana ya taktik agar mslh tim kami ini bisa diselesaikan?? tx before for your answer..

    Ada istilah dalam sepak bola yakni, pertahanan yang bagus adalah menyerang, nah mungkin ini salah satu kelemahan pola tersebut dimana terlalu keasikan menyerang, akhirnya pertahanan terlupakan.
    Kalau menurut saya sih, solusinya ya harus memperhatikan pertahanan, kalau semua pemain memiliki tipikal menyerang, cobalah untuk membiasakan sehabis melakukan penyerangan sebisa mungkin segera balik ke posisi semula secara bersama-sama, atau paling tidak 2 atau 3 orang pemain bisa melakukannya, karena menempatkan semua pemain di daerah lawan juga banyak resikonya, salah satunya yaitu kerepotan dalam membangun pertahanan ketika lawan melakukan serangan balik. Intinya tetap harus memperhatikan posisi dalam permainan.

  51. bgs juga ide lo bro, darimana dapet teory futsal ? ape kursus atawa gimana caranya, hidup futsall

    Terima kasih atas pujiannya brow, niat saya cuma ingin menulis, sekaligus berbagi dengan saudara2x penggemar Futsal, yang jelas saya bukan sang ahli, hanya mendapatkan teori dari pengalaman, pengamatan dan sedikit referensi, inti dari niat saya diutamakan adalah para penggemar futsal pemula (misalnya para karyawan2x kantoran), yang notabene bukan pemain bola profesional, karena banyak saya lihat animo masyarakat berolah raga Futsal cukup tinggi, dan ini tentunya kondisi yang positif, ditunjang dengan hadirnya lapangan2x Futsal baru.. namun terkadang adakalanya apa yang didapat dari latihan tidak ditunjang dengan teori-teori dasar, sehingga terkadang semangat untuk terus berolah raga futsal makin berkurang, hal ini mungkin dirasa bagi mereka futsal hanya berlari dan menendang tok, sehingga ada semacam kejenuhan, harapan saya untuk yang rekan2x yang sudah menjadi pemain yang berpengalaman bisa memberikan masukan dan teori2x lainnya di blog ini yang bisa bermanfaat khususnya para pemain pemula, sehingga mereka semakin giat lagi dan bisa menerapkan teori2x dasar Futsal. Mudah2x saja apa yang saya tulis bisa bermanfaat, dan bukan ingin menyombongkan diri karena sudah berani menyampaikan dan mengulas teori2x tentang futsal, namun yang perlu dilihat adalah niat saya untuk terus menggalakan olah raga futsal di masyarakat.

    Bravo Futsal Indonesia…

  52. bukannya futsal itu satu tim 5 , kok strateginya menyiratkan ada 6 pemain dalm 1 tim di lapangan……………..mana yang betul

  53. orang2 yang masih nanya

    “bukannya futsal itu satu tim 5 , kok strateginya menyiratkan ada 6 pemain dalm 1 tim di lapangan……………..mana yang betul?”

    apa ndak mbaca semua? asyik nak btanyaaa aja…

  54. futsal itukan sepak bola.sy jg sk sepak bola ni.karena sepak bolakan hampir sm dngan futsal

  55. wah futsal itu permainan yg sangat seru ya.hobby sy itu emang futsal tp sy masih kecil.sy kls 5(lima) sd

  56. minta ulasan cara melatih teknik n fisik futsall dong n drill skill pemain

  57. salam futsal indonesia.,thkns bro,bwt info dan trik futsalnya ,,

  58. mas adoer bisa kirimin trik” yang laen ya…

    Team skolah mau ikut INKA cup…
    qta pake yang 1212 aja….

  59. gmn spaya tendang bola-ny bs kencang???
    stiap tendang pasti lambung….

    Postur badan terutama kaki kita juga bisa mempengaruhi arah dan kecepatan tendangan. Jika anda punya postur kaki tinggi, cobalah anda berlatih menendang dengan cara seperti orang lagi memukul bola golf, titik tumpuan bola di kaki ada pada bagian samping tengah kaki kita, arah menyamping, ibarat kita mengayunkan stick golf, tentunya dengan kekuatan penuh, namun perlu diingat agar supaya arah bola tidak melambung posisi kaki jangan terlalu rata dengan lantai/lapangan, agak sedikit ke atas, patokannya tengah2x bola. Posis badan pada saat menendang jangan terlalu sejajar dengan bola dan arah gawang, agak miring ke kiri.

    Jika anda memiliki postur kaki pendek, cobalah menendang dengan bagian atas tengah kaki, atau bagian tengah depan kaki (untuk yang sudah lebih mahir). Kaki sama sedikit diayun tapi dengan kekuatan penuh, fokuskan titik tumpuan kaki dengan bola bagian tengah, jangan terlalu bawah (karena arah bola akan melambung), persis kalau anda lihat gaya ini seperti gayanya Ronaldo (CR7). Posisi badan agak sejajar antara badan – bola dan arah tendangan ke gawang.

    Semoga membantu..

  60. salam kenal bro…

    yang namanya futsal ya pemainnya 5 Org. itu udah aturan resmi dari FIFA. Klo ada yang 6 ato bahkan 3 orang.. itu mah buat 17an… hehehhee…

    btw… nice infonya…semakin menambah wawasan kita mengenai pola permainan futsal.

    Ya bisa juga.. buat yang nggak resmi2x..

  61. bukannya futsal tuh 5 orang jumlah pemainnya?
    ko disini ada 6 orang??

  62. Salam futsal…

    Di club futsal saya ada pemain inti dan cadangan?tp yg sllu dmainkan itu yg pemain inti,sdangkan yg pemain cdangan hanya dmain kan sbentar itupun kl ada pemain inti yg minta ganti.mnurut mas gmna?

    Di sebuah Club Futsal tentunya ada seorang pelatih, pelatih pastinya tahu betul karakter bermain tiap2x pemainnya, dimana2x dalam sebuah club olahraga ada pemain yang bagus dan ada pemain yang lebih bagus, yang lebih bagus biasanya akan menjadi pemain inti dan yang lainnya menjadi cadangan dan itu lumrah.

    Kalau menurut hemat saya harusnya ini menjadi tantangan seorang pelatih untuk bisa membentuk para pemain memiliki kemampuan yang merata, sehingga disamping akan menjadi keuntungan club itu sendiri dalam menghadapi suatu turnament misalnya, dan juga akan lebih memudahkan dalam menempatkan posisi pemain terutama dalam pergantian pemain, bisa dibayangkan pelatih akan kerepotan sendiri tatkala para pemain inti banyak yang cedera misalnya, sementara pemainnya penggantinya memiliki skill jauh dibawah pemain inti. Dan saya lihat mungkin seperti mas jelaskan diatas, sepertinya ada kesenjangan yang cukup jauh antara skill pemain inti dan pemain cadangan. Kalaupun skill para pemain itu merata, bukan tidak mungkin pelatih juga akan melakukan penggantian pemain secara adil dan proporsional.
    Misalkan dalam menghadapi suatu turnament atau pertandingan, seharusnya pelatih tidak melulu mengandalkan pemain inti, pemain cadanganpun seharusnya mendapat porsi bermain yang sama, tinggal mengatur strateginya saja kapan dimainkannya pemain inti dan kapan dimainkannya pemain cadangan. Memang terkadang dalam menghadapi pertandingan/turnament yang berat dimana club2x lawan itu bagus2x, maka pelatih juga biasanya tidak mau berjudi dengan situasi, yang mana akhirnya akan lebih banyak memainkan pemain inti, namun bukannya tidak menutup kesempatan para pemain cadangan untuk bisa bermain.
    Sekali lagi disini pelatih seharusnya bisa melakukan rotasi penggantian pemain secara adil dan bisa memberi kesempatan yang sama kepada para pemain cadangan, dan juga untuk para pemain cadangan tidak usah berkecil hati, terus berlatih sehingga skillnya bisa merata sama seperti pemain inti. Apalagi dalam sebuah turnamen biasanya akan dilakukan beberapa kali pertandingan, mulai dari babak penyisihan sampai babak final, nah disini bisa dilakukan penggantian para pemain inti untuk pertandingan2x dimana lawannya tidak terlalu berat, atau misalnya bisa dilakukan penggantian pada saat komposisi perolehan gol tim kita lebih banyak dibanding tim lawan, itung2x menghemat tenaga para pemain inti.

  63. yups boleh lah bahas 6 orang pemain, gag ada salahnya. karena memang bukan acuan FIFA. hehehe…
    tapi mantabs ulasannya… tinggal prakteknya nih..hehehhe

  64. w pengen jadi pemain futsal yang profesional ,,,,,,

    coz w ngrasa w pemaen bola kampung,,,,,,.

    hehehehehe

    Ini memang menjadi dilema, banyak pemain bola dari kampung yang mandek akibat ketidak jelasan perkembangan karirnya. Padahal dari sekitar 200 juta penduduk Indonesia, masa nggak ada pemain yang bagus?

  65. Menurut mas apa yang dibutuhkan jika ingin menjadi bek di futsal ? sama g dengan mjd bek sepak bola ?

  66. gimana cara nya supaya tim kompak dan pola2 yg bagus

    Perbanyak latihan-latihan simulasi pasing bola, misalnya over bola tapi pakai tangan, tujuannya selain memahami pergerakan dan pola penyerangan juga lebih bisa dipahami oleh masing2x pemain.

  67. Kayakx abang ini bgus jadi pelatih.. Karna bnyak memahami teori bermain futsAL. Saya punya tim , dgan tidak menyombongkan diri.. Diantara player tim saya saya yg lebih menonjol skil stamina, trus sya ingin mendoktrin tim supaya lbih kompak mainx, tapi sya ga enak takut dibilang sok hebat, gmana nya cara ngomongx.. Oya bang tips futsal yg abang berikan tu kan cuma teori pasti akan agk swaktu di lapangan

    Nggak juga lah, banyak di kita yang pintar jadi komentator bola, tapi kalau melatih bola belum tentu bisa..ya kalau sekedar memberi sedikit arahan2x sih saya bisa.
    Dan memang menjadi pelatih itu tidak hanya cuma modal menguasai pola dan strategi bermain, namun juga harus bisa memimpin, banyak pelatih yang nggak cocok sama pemain. Jadi kalau ingin mendoktrin tim supaya lebih kompak, maka pakailah komunikasi yang baik, dan yang paling penting, kita bisa buktikan jika pola atau strategi yang diarahkan tepat dengan kondisi di lapangan, maka lama-lama tim akan bisa menerima arahan2x kita

  68. salam kenal,sy plth futsal di salah satu smp di Bdg.sy mo tanya,bagai mana cara yg lebih baik utk meningkatkan fisik dan skil utk usia smp.tq

    Coba sering-sering latihan lari dipegunungan atau perbukitan, apalagi di bandung banyak tepat seperti itu untuk latihan, dan lakukan selain pagi hari, coba juga sekali2x siang hari dimana cuaca agak sedikit panas.

  69. ,, w seorang yg sering bermain futsal, dan w juga pelatih futsal d sekolah, tolong dong kasih w strategi futsal yg oke,,,, w tggu kabar dari lu,,

  70. tolong ksh tau saya..
    tentang cara yang baek untuk pola menyeran,, kebetulan naluri saya meyerang…
    terima kasih..
    di tunggu ya

    1. Perbanyak latihan penguasaan bola serta trik2x gerakan tanpa bola.
    2. Latihan lari supaya fhisik dan kecepatan lari bisa lebih bagus… hal ini akan berimbas kepada kecepatan tendangan anda.
    3. Penyerang yang baik seharusnya bisa memberikan / membuka ruang untuk kawan, dan juga bisa membuka ruang untuk diri sendiri, sehingga kawan lebih gampang untuk mengumpan bola.

  71. trimakasih atas trik nya,aku yakin atas pormasi itu,,
    aku pasti bsa mengalah kn xll ips 2,,,,,,

  72. [...] Pola Permainan dalam Futsal [...]

  73. [...] Pola Permainan dalam Futsal [...]

  74. Pokoknya yg berkaitan dg futsal n sepakbola Q seneng bgt. .

  75. wwaaahhh……Q bisa coba tekhnik ini nch…smoga Q menang…

  76. keren bgd taktik na……
    pi klo yg 5 org gmnaa……
    ksh twu yg 5 org na dunk…..
    thanks

  77. bos futsal bukannya jumlah pemain nya ada 5????? thx b4

  78. Salam olah raga tanks banget infonya and salam kenal buat masnya…
    Mudahan apa yg mas jelaskan bisa membuat semangat bermain futsal semakin menyala
    mau membela mas nich…
    Saya Rasa pola yg mas jelaskan diatas untuk 6 orang pemain bisa diterapkan untuk 5 pemain pun bisa tinggal bagaimana qt mengaturnya…
    karna tim saya pernah menang turnamen akbar, antara team kesehatan sekaltim .
    dengan 1 kiper, 1 beck , 2 gelandang dan 1 striker,
    untuk beck dia g boleh beranjak dari posisix dan punya fisik dan mental yg sangat kuat untuk pertahanan, untuk 2 gelandang masing2x punya skil yg sangat bagus dan mau maju dan mundur
    dan striker haruslah punya skill yg lebih bagus lg,… Dalam mengolah bola, seperti C.Ronaldo tuh… Yg bisa ngerusaki pertahanan musuh…he…3x
    ini bisa membuat lawan menjadi turun mentalnya karna skill striker…yg wuapek…
    Ini adalah strategi psyqologic
    silahkan mencoba
    Oke lah klo begitu…

  79. Thanks bro tips en triksnya, kebanyakan yang kasih posting coment pada ga baca detail, dan pada ga tau peraturan Fifa sebelum revisi,,gw pemain sepak bola, dan gw juga suka Futsal, gw pernah mengggunakan formasi 1-1-1-2, dan sukses, pemain bertahan dibantu oleh pemain tengah bila bola diserang, dan pemain 2 lainya masuk ke tengah, emang betul sangat dibutuhkan yang punya phisik stamina kuat dan skill bagus,,dan bila menyerang, selalu pemain tengah yang melesakan tendangan first time dengan keras.
    oke bro,

  80. mantep bgt boss…
    ijin copas di trit ane di kaskus ya gan buat bisa disimak byk org.

    Monggo, silahkan aja

  81. [...] Pola Permainan dalam Futsal [...]

  82. terima kasih banyak infonya, klau bisa di perbanyak lg sumbernya………………………….
    salam, olahraga

    Sama2x terima kasih. Mudah2x-an nanti bisa ditambah lagi informasinya

  83. dmn2 official futsal itu orang 5 mas, ngapain dijelasin org 6??

    Betul mas Futsal itu 5 orang, nah yang Futsal 6 orang belum ada yang jelasin, maka saya coba jelasin… mas mau jelasin yang 7 orang..? boleh silahkan..

  84. mas saya ne kan pamain sepak bola awal nya, tpi saya sekarang tekun di futsal,,
    saya mau tanya ne mas , untuk menyerang lawan yang baek tu gmn di futsal,,???

    Menurut saya penyerangan yang baik adalah tiap pemain bisa mamahami dan menyelaraskan pola penyerangan yang akan dipakai, apapun polanya, maka dari itu tiap2x pemain harus bisa memahami karakter bermain pemain2x lainnya, disamping agar supaya penyerangan lebih efisien, cepat dan terukur, bisa dilihat dalam suatu tim, pada saat menyerang, ada keraguan bola mau diover kemana, sering2xlah latihan simulai pola penyerangan.

  85. wah boleh juga tuh infonya maksih …banget…..semoga bermanfaat salam sahabat,…..

  86. ni futsal ato sepak bola seh??
    kalo mw kasi saran juga yg bner, futsal sama sepak bola itu beda

    Mohon maaf kalo memang ulasan saya banyak yang salah, mungkin anda bisa kasih ulasan yang benar.. monggo..

  87. formasi dan pnjelasannya bagus…tolong dond bang kasih tau klo yg buat pemainnya 5 orang mn\\gmna….thx before

  88. ditunggu yang ulasan 5 pemain gan …
    salam kenal … :D

  89. menurut saya kekompakan di dalam dan diluar lapangan juga faktor penting dalam bermain futsal jadi ada rasa saling menghargai antar setiap pemain dan latihan rutin itu penting buat menerapkan tekhnik dan strategi,salam futsal dari YAMAHA INDONESIA FUTSAL CLUB

  90. ulasan n pola utk 5 orang mn gan

  91. terimakasih sebanyak banyak untuk mengaih teknik futsal ini saya sssssangat setuju kalaw di sayaa main futsal itu ada 5 org yaa kok beda sih hiihi…!!!

  92. Hi Futsalovers,

    Saya coba sharing sedikit masalah taktik dan strategi. Saya sering melihat orang bermain ataupun melatih, termasuk coach Justinus Lhaksana (pelatih Timnas).

    Taktik yang ideal dan kerap kali dipakai oleh tim besar didunia seperti Brazil dan Spanyol adalah 1-2-1. Inti dari permainan futsal sendiri adalah endurance (daya tahan tubuh). Tidak ada pemain yang mempunyai posisi khusus dalam futsal (kecuali kiper). semua pemain harus piawai dalam bertahan dan menyerang.
    Inti dari taktik dari taktik 1-2-1 adalah ketika salah seorang pemain sedang memegang bola dia harus memiliki min. 2 orang yang berdiri bebas di kanan dan kirinya. Usahakan setiap kali bermain selalu bertahan dengan posisi 1-2-1.itu berarti pergerakannya harus terus menerus berputar.

    Dalam bertahan dikenal strategi zone marking atau man to man marking. Dalam keadaan ketinggalan, kita diharapkan dapat menerapkan strategi man-to-man marking. dimana kita press lawan secara Full Court atau 1 lapangan penuh. Dan jika kita dalam keadaan menang, maka sebaiknya kita menggunakan zone marking dimana kita hanya bertahan didaerah kita. dengan catatan setiap orang harus dapat menutup semua semua ruang tembak yang dimiliki lawan.

    Khusus zone marking dimana kita hanya menang tipis (selisih 1 gol) dan waktu hampir habis. Disarankan setiap lawan yang memegang bola dari arah sayap harus segera dikunci oleh 3 orang pemain. misal :

    Lawan menyerang dari sisi kanan gawang kita, kita harus menutup dari arah bawah,serong kiri bawah dan sisi kiri (jika dilihat dari arah gawang kita). Dimana pemain yang mengambil tidak boleh pemain yang berada diposisi bawah. karena pemain yang berposisi dibawah hanya untuk men-delay supaya lawan tidak mudah menggiring bola ke arah gawang kita, posisi serong kiri bawah hanya untuk mengunci lawan agar dia tidak dapat mengoper, dan pemain posisi kiri yang mengambil bola tersebut.

    Khusus untuk kondisi tertinggal dengan selisih gol tipis (selisih 1 gol) dan waktu akan segera habis, kebanyakan tim melakukan POWER PLAY, dimana posisi kiper digantikan oleh pemain menyerang. JAdi tidak ada kiper. Hal tersebut dilakukan dengan kosekuensi, press lawan sampai gawangnya.

    sebenarnya banyak sekali strategi yang saya pelajari dari pertandingan futsal international. Mohon maaf saya hanya sering sedikit, karena praktek lebih mudah daripada menjelaskan secara teori. terima kasih.

    Salam,

    Salman Farouk Al Hakim
    Captain / Coach Proton Futsal Club Jakarta
    (Tim Futsal PT. Proton Edar Indonesia)

  93. Terima kasih banyak bung Salman atas ulasannya, ditunggu aja kalau ada ulasan, tips maupun taktik lainnya.

    Salam
    Adoer.

  94. wah…dengan membaca…informasi ini walaupun aku cewek tapi footsall…mengasyikkan….tapi di school besok aku classmeeting..untuk tanding final footsall antara kelas…..teriam kasih…yach..informasinya…..

  95. [...] Pola Permainan dalam Futsal [...]

  96. caduuuuuuuuuuuuuuuuuuuukkkkkkkkkkkkkkk

  97. mantab nech tipsnya, but klo 5 pemain gan?

  98. ak suka maen futsal, tapi blm ikut club futsal,,ada yang mau ngajak ak:) soal permainan ya gak kalah bgus dc:b.makasih yaa infonya!!

  99. Nice tips . . .
    Gak masalah apakah itu 5 atau 6 orang . . .
    Rasanya tinggal perlu penyesuaian dikit aja . . .

    Salam futsal . . .

  100. nice sistem gan, bisa ditiru nech sistem, salam kenal n kunjungan, welcome to my blog…bagi yang suka futsal disini tempatnya belanja peralatan futsal murah dan terlengkap : http://www.fidashop.co.cc/ (grosir sepatu futsal)

  101. 1.saya mau tanya bagaimana caranya agar tim tetep kompak?
    2.strategi apa yang paling bagus dalam permaenan futsal?
    makasih bro…… rudi balipapan..

  102. Wah,artikelnya keren bgt maz”
    Ak mw nanya nech,.klo dlm maen futsal,ak adalah pemain belakang.yg mw ak tanyain,gmn craN menghalau setiap serangan lawan klo gy one to one??

    Untuk menghalau pemain lawan dalam kondisi one to one.
    1. Jaga jarak anda dengan pemain lawan. jangan telalu dekat atau terlalu jauh. Jika terlalu dekat pemain lawan akan gampang menentukan arah gerak selanjutnya untuk melewati anda sehingga jika lawan berhasil melewati, anda akan sedikit terlambat untuk mengejarnya. Jika terlalu jauh, akan memberikan gerak leluasa kepada kawan dari pemain lawan tsb. untuk melakukan positioning sehingga pemain tersebut akan mudah memberikan bola terhadap kawannya tersebut.
    Jika pada kondisi tertentu jarak anda rapat dengan pemain lawan, usahakan tenang tidak buru2x untuk menghalau, posisi kedua kaki jangan terlalu terbuka, agak rapat karena biasanya lawan akan mencari celah pada kaki yang terbuka untuk melewatkan bolanya.
    2. Amati dan pelajari bahasa tubuh lawan,
    3. Kalau saya amati untuk pemain2x yang memiliki postur badan yang tinggi, punya kelebihan dalam menghalau bola dengan kaki, mungkin dikarenakan kaki2x-nya yang lebih panjang, dan biasanya lawan dalam menghadapi pemain postur tinggi, akan memposisikan bolanya berada dibelakang badannya, sehingga bola aman dari sontekan.

    Ju2r aj sebagai pemain belakang,ak g memiliki sprint yg kencang,mkanya setiap ad pemain yg punya sprint kencang,ak selalu kewalahan dlm menghadangny..Mskipun tekhnikny g bgtu tnggi..
    Truz latihan agar punya sprint yg cepat,caranya gmn y mz??
    Mkch sebelumnya…
    *Salam Futsal*

    Saya dulu pernah mencoba latihan agar lari lebih kencang, tapi latihannya ditempat yang mendaki misalkan di pernbukitan, saya lakukan beberapa kali turun dan naik.. lumayan untuk memperkuat pijakan kaki.

  103. [...] Pola Permainan dalam Futsal Posted on February 11, 2008 by adoer [...]

  104. makasih,atas info yang kx beri,,,,,,,,,tpi saya ingin trik menjaga gawang,,,cz saya sudah menjadi kiper sudah 3 tahun selama SMA,,,,,bahkan sudah masuk 4 tahun………….aku ingin trik agar bisa membaca arah gerak bola………….

    Tips untuk penjaga gawang.
    1. Fokus selama pertandingan bahkan jika bola jauh dari daerah gawang anda. Banyak kiper mulai fokus saat bola dekat gawang.
    2. Jangan mengawasi lawan, amati bola. misi utama Anda sebagai kiper adalah untuk menyelamatkan gawang dari lawan Anda. Namun, Anda juga harus diingat bahwa Anda sesekali harus meninggalkan gawang Anda untuk menghalau bola.
    3. Jangan berdiam diri dan terlalu menunggu lawan. Terutama dalam kondisi satu lawan satu. Apa yang seharusnya Anda lakukan adalah dengan menghalau pada lawan dengan meregangkan tubuh anda selebar2x-nya. Dengan melakukan hal ini lawan Anda perlu waktu untuk bereaksi lebih cepat yang akan mengakibatkan kesalahan. Ia perlu waktu untuk membuat keputusan cepat sehingga kemungkinan besar akan menyebabkan lebih banyak kesalahan, dibanding dengan hanya berdiam menunggu lawan.
    4. Memiliki kepercayaan diri. Yang satu ini adalah salah satu hal yang paling penting bagi seorang kiper dan tanpa itu kinerja Anda tidak akan ada gunanya. Mendorong diri sendiri dan jangan biarkan kesalahan menghalangi Anda. Sebaliknya menganalisis kesalahan apa yang telah Anda lakukan dan mencoba untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Perlu diketahui bahwa Anda tidak dapat bermain tanpa membuat kesalahan. Kesalahan adalah bagian dari permainan.
    5. Biarkan lawan Anda membuat langkah pertama. Anda harus tidak bereaksi langsung ke bola, melainkan menunggu lawan untuk mengambil langkah pertama. Ini akan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk mengantisipasi pergerakan bola.
    6. Jangan berdiri terlalu jauh dari garis gawang.
    7. Cobalah untuk membaca bahasa tubuh lawan. Jangan hanya buru-buru keluar dan berharap untuk yang terbaik. Ingat, Anda harus selalu 2 langkah di depan lawan Anda memiliki kesempatan untuk menyelamatkan tembakan atau untuk memenangkan duel 1 vs 1.

  105. [...] Pola Permainan dalam Futsal [...]

  106. akan coba diterapkan

  107. trimz maz atz room yg d buat,,,,,,,

  108. thank’s for information

  109. terimah kasih atas artikelnya, besok saya bertanding dalam acara POR PGRI, doakan saya dan teman agar bisa menang… pastabikul khairat…

  110. Salam kenal yah

    Mas bagaiman sih cara ngembangin suatu team Futsal, soalnya kami baru aja buat.

    mohon bimbingan yah..

    salam

    Danny

  111. saya pmain ftsal posisi sya sbagai kyper …
    nah sya bingung stiap latihan d suruh pelatih berani pasang badan kalaw sudah satu lawan satu ?
    pa kita ga perlu menerkam bola itu secara langsung kalaw sudah satu lawan satu … >>>>

    Apa yang diutarakan pelatih itu benar, penjaga gawang harus bisa pasang badan ketika posisi satu lawan satu dengan pemain lawan, dan tidak hanya itu, pada saat perebutan didepan gawang juga, penjaga gawang harus mampu berani mengambil bola dari pemain lawan, yang mana tentunya dibutuhkan keberanian dan kecermatan kapan saat yang tepat untuk melakukan perebutan bola.
    Kelihaian dalam menerkam atau menghalau bola dengan mengoptimalkan seluruh bagian tubuh kita adalah modal lebih bagi seorang penjaga gawang.

  112. futsal orang 6 ada ada saja taktik PALSU

  113. thank’s infonya

  114. thank’s bgt ne gan atas strateginya….
    jd bisa lbih bgus lg ne maennya.>>>(“,)

  115. main futsal itu perlu kekompakan…..
    slam arie anak RBK di pontianak

  116. te ngarti futsal mah cicing ,,, dmn aya futsal 6pan …. wkwkwkwkw..

    Nya mangga juragan, sok atuh ari ngarasa nu paling ngarti mah… sok didangukeun ku simkuring..

  117. saya butuh taktik permainan futsal dgn 5 pemain….yg bgus utk brthan dan menyerang…..

  118. menurut loe,dalam permainan futsal lebih efektif playmaker atau dogfighter(yg lebih dibutuhkan team)…???

  119. Referensi bagus…!!

  120. egh mas qw mau tnax ttg gmna bermain futsal dngan segi tempo fristyil?

  121. artikelnya bagus banget nih. pengen izin copas deh . soalnya web aku jg berhubungan dengan futsal :)

  122. [...] Pola Permainan dalam Futsal [...]

  123. ok aku coba smoga formasi 2-2-1 berhasil

  124. best gak main futsal kan :D

  125. salam kenal bro adoer…. :)

    ada skema taktik buat 5 pemain gak? boleh donk bro di upload…
    saling berbagi ilmu…..

  126. bagus bagus
    tpi klo pngen ngebntuk tim dri nol dri awal gmna cranya biar cpet bisa kbntuk tim yg bner2 solid mas?

  127. siip….tambahan ilmu….

  128. thank’s banget infonya,,,bisa menambah pengetahuan tentang futsal,,saya suka main bola tapi untuk aturan futsal belum begitu paham,,,sukses selalu,,,

  129. Slm buat smua… khususnya buat yg punya web…
    sdikit saran nich agar web ini lbh universal: stiap saran/kritik ataupun combro2, dll… sbaiknya dijwab dgn “elegan” spy dpt dtrima olh umum itu akan mnunjkan tgkt kdwasaan “Anda n Web” ini krn apapun alasn anda, pd Top Menu web ini jls-jls mncantumkn “PRATURAN FUTSAL”, artinya org akan jd brtnya klo yg anda pstngkn tdk ssuai dgn “standarnya”…! THANK

  130. ccd

  131. OM Ada Strategi Buat 5 Orang Ngga (Jawab Please)

  132. [...] yang menyusur lapangan. dan juga yang paling penting ketepatan mengoper bola pad kawan. Pola Permainan dalam Futsal Bermain Futsal tidak jauh berbeda dengan bermain Sepakbola pada umumnya, butuh kekuatanstamina, [...]

  133. [...] Pola Permainan dalam Futsal Posted on February 11, 2008 by adoer [...]

  134. [...] Pola Permainan dalam Futsal « Adoer’s Blog11 Feb 2008 … 3. Teknik dan Pola Permainan. Jumlah pemain Futsal bisa dilakukan 5 atau 6 orang termasuk penjaga gawang. Penempatan pemain yang pas … [...]

  135. Reblogged this on ngakaksemenit and commented:

    FOLLOW BACK

  136. jadul

  137. tar sore mau main futsal,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: