‘I’ atau ‘1’?? (Avanza 2008)

      Pertanyaan tersebut tiba-tiba menyeruak dalam benak pikiran saya, tatkala saya mencoba mengecek satu persatu kondisi Avanza tipe 1.3 G/MT yang dipesan beberapa bulan yang lalu, dimana saya sengaja meminta kepada CS untuk mengantarkan kendaraan tersebut langsung ke rumah.
      Pada saat saya mencek bagian rangka kendaraan tersebut, tertera nomor rangka yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka, namun saya agak sedikit keheranan saat membandingkan nomor rangka tersebut dengan yang tertera dalam STNK. Nomor rangka yang tertera di STNK pada digit ke 5 tertulis angka ‘1’ (angka satu), jelas sekali berupa angka dan bukan huruf, sementara di rangka kendaraan tersebut tertulis huruf ‘I’ (MHFMIxxx..).
      Guna mencek kebenarannya, akhirnya saya coba datangi dealer mobil tersebut. Alhasil ternyata semua kendaraan yang ada di dealer tersebut dengan tipe yang sama, di STNK-nya mencantumkan angka 1’ (angka satu), bukan huruf ‘I’ yang saya perkiraan sebelumnya. Akhirnya ada sedikit kelegaan dihati saya, walau masih ada sedikit kepenasaran bagaimana bisa angka satu (‘1’) ditulis menyerupai huruf ‘I’.
      Kepenasaran tersebut masih berlanjut pada saat tulisan ini saya buat, iseng-iseng saya kutak-katik angka ‘1’ dan huruf ‘I’ dengan mengganti tipe font-nya, ternyata dari beberapa tipe font tidak ada yang menyajikan angka 1 mirip dengan huruf I, semua tipe font membedakan kalau angka satu memiliki topi sementara huruf i besar tidak ada topinya (‘I’). Jadi yang benar yang mana, saya sendiri masih bingung, namun dengan kenyataan bahwa pihak dealer telah menentukan bahwa huruf ke-5 dari nomor rangka itu adalah angka ‘1’, untuk semua tipe Avanza keluaran tahun 2008, maka akhirnya saya bisa menerimanya.
      Dari pengalaman tersebut hendaknya memang kita harus lebih teliti pada saat dilakukan serah terima mobil, terutama bagi anda yang akan membeli mobil baru. Ada beberapa tip yang bisa ada lakukan terutama ada saat serah terima kendaraan dari dealer.
      Usahakan proses serah terima dan pengiriman dilakukan di dealer yang bersangkutan, tidak dilakukan ditempat tujuan pengiriman (misalkan diantar ke rumah anda), kecuali anda telah melakukan pengecekan sebelumnya terhadap kendaraan yang akan dikirim di dealer yang bersangkutan. Hal ini untuk memudahkan jika pada saat pengecekan bisa langsung anda utarakan ke pihak dealer jika masih ada kekurangan atau hal-hal yang ingin ditanyakan.

Hal hal penting yang perlu dilakukan misalnya :
1. Cek nomor plat/polisi, nomor rangka, nomor mesin, cocokan dengan yang tertera di STNK/BPKP.

2. Cocokan jenis ban yang diminta pada saat pemesanan, sering terjadi perbedaan merk/jenis ban yang diminta dengan yang diberikan, misalkan pada saat pemesanan kita minta merk ban A, namun yang dikasih merk ban B.

3. Cek asesoris yang ditawarkan pada saat pemesanan, apakah ada yang kurang (umumnya pihak dealer memasukan beberapa asesoris kedalam bentuk satu paket penjualan mobil) artinya jika kita membeli kendaraan untuk tipe tertentu maka sekaligus juga kita mendapat beberapa asesoris sebagaimana yang ditentukan sebelumnya oleh pihak dealer.

4. Kemudian cek semua kondisi pintu, lakukan secara berulang buka tutup pintu, mulai secara pelan – pelan, terkadang pintu tidak langsung menutup dengan rapat, seolah-olah masih terganjal.

5. Cek kondisi cat dan body. Cek kemungkinan adanya gores atau penyok.

6. Cek semua yang berurusan dengan listrik misalnya lampu mulai dari lampu depan/belakang, sein, lampu kabin, lampu rem, klakson, alarm (jika ada).

7. Cek dan lakukan test pembersih kaca depan maupaun belakang (jika ada).

8. Cek dan amati bagian mesin, mulai dari suara mesin sampai cara perpindahan gigi, biasanya untuk mobil baru, proses pemindahan gigi masih agak kaku, perlu waktu untuk penyesuaian. Kemudian cek AC (jika ada) dan bagian suspensi, coba rasakan akselerasi dan proses pengeremannya

      Umumnya kondisi mobil baru sudah melewat QC dari dealer, namun tidak ada salahnya kita mencek kembali, agar tidak merepotkan jika ada masalah dikemudian hari, dan tips yang saya utarakan diatas walau tidak terlalu lengkap, sedikit banyak bisa menjadi acuan khususnya yang masih awam dengan mobil seperti saya ini.

One Response

  1. aslmkm..pakabar?
    sekedar berbagi info: http://masbadar.wordpress.com/2008/05/29/cara-bikin-bengkak-hits-blog-dan-web-site-kamu/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: