Terminal Angkutan Pedesan Tolengas – Sumedang – Jawa Barat

Keberadaan terminal angkutan umum pedesaan yang berlokasi di Tolengas – Sumedang – Jawa Barat sangat memegang peranan penting dalam menunjang transportasi dari Jatigede dan sekitarnya menuju Tolengas dan kota-kota lainnya. Sudah cukup lama juga keberadaan terminal ini. Semenjak rencana pembangunan Waduk Jatigede dimulai dan diperbaikinya kembali jalur transportasi Tolengas – Jatigede Kab. Sumedang Jawa Barat, terminal ini dipindahkan dari lokasi lama ke lokasi yang baru, namun keberadaanya pula yang sekarang ini tidak dipergunakan sebagaiman mestinya. Padahal areal dan fasilitas lebih baik dibanding di lokasi lama, namun sampai sekarang terminal tersebut malah menjadi sepi dan tidak dimanfaatkan sebagaimana mesitinya.

Usut punya usut, ternyata semenjak jalur transpojrtasi menjadi lebih baik, pendapatan para pengemudi angkutan umum turun drastis, sementara mereka tetap harus membayar retribusi kepada pemerintah, hal ini dikarenakan para penumpang lebih suka menggunakan jasa ojek motor dibandingkan dengan angkutan umum, mengingat jika dulu waktu yang harus ditempuh sepanjang 12 KM dari Jatigede ke Tolengas hampir kurang 1 jam, terlebih jika cuaca buruk dan kondisi jalan yang rusak, begitu juga jika kemarau tiba, jalan berlubang disertai debu bertebaran membuat perjalanan menjadi tidak nyaman, belum lagi kalau malam hari, kondisinya bisa lebih menghawatirkan terutama masalah keamanan.
Sekarang dengan adanya ojek motor, waktu yang ditempuh bisa sampai 15 menit sekali jalan, disamping itu biaya yang harus dikeluarkan lebih murah dibanding angkutan umum, selain itu juga bagi mereka yang akan pergi berbelanja ke pasar, lebih praktis menggunakan ojek motor, karena barang-barang juga bisa muat untuk sekali belanja. Dan hal yang lebih praktis lagi ojek motor bisa mengantar sampai ke rumah, tidak perlu lagi harus gonta-ganti angkutan.
Selayaknya pemerintah bisa memberi solusi untuk membantu para pengusaha angkutan tersebut, dan yang terpenting lagi adalah fungsi terminal bisa diberdayakan kembali, mengingat sudah banyak anggaran yang dikeluarkan untuk membangun terminal tersebut.
Jika kita prediksi kedepannya, diharapkan jalur transportasi ini semakin lama semakin ramai, mengingat eksistensi dan aktivitas Waduk Jatigede. Maka dari itu sejak sekarang seharusnya pemerintah sudah bisa mempersiapkannya. Siapa tahu Jatigede bisa menjadi tempat kunjungan wisata baru di Jawa Barat.

Semoga saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: