Kaos Timnas Indonesia di ajang Piala AFF Suzuki 2008

       Ada yang menggelitik hati saya tatkala menyimak siaran langsung di TV pertandingan sepakbola piala AFF Suzuki 2008 antara Indonesia dan Myanmar dan Indonesia vs Kamboja. Yang menjadi perhatian saya bukan pada kecemerlangan timnas melibas lawan-lawannya, namun terhadap kaos tim yang dipakai, terlihat pada pertandingan Indonesia dan Myanmar kaos yang dipakai Ismed Sofyan huruf I dan S pada nama punggung ISMED terkelupas dan hampir jatuh dan hal ini terulang lagi pada pertandingan Indonesia dengan Kamboja, yang kena “korban” yakni ARIF, terlihat Arif berjalan ke pinggir lapangan untuk mengganti baju, saya pikir mau apa dia, ternyata Arif mengganti kaos tim dengan yang baru, terlihat disitu huruf-huruf pada nama punggungnya pada terkelupas sehingga namanya menjadi tidak jelas. Sungguh sangat memalukan disaat cemerlangnya permainan timnas kita, ada saja celanya, sepele memang, cuma masa untuk menjahit kain nama punggung aja nggak bisa. Mudah-mudahan ini bukan pertanda gugurnya prestasi Timnas Indonesia di Piala AFF Suzuki 2008 ini.

      Padahal negeri kita sudah terkenal ke manca negara sebagai produsen tekstil, disini ada Tanah Abang sebagai sentra pasar kain. Negeri ini juga punya desiner-desiner ulung, ada apa gerangan?.
Kalau tidak salah kejadian serupa juga terjadi dahulu (Piala Asia ..CMMIW) dimana salah satu pemain Timnas kita bajunya sobek menganga. Bagaimana nih kualitas kaos timnas Indonesia? Halo PSSI?
Lebih lanjut tentang kaos tim di Piala AFF Suzuki 2008. Kali ini saya fokus pada design seragam yang dikenakan peserta Piala AFF. Indonesia, Singapore, Thailand dan Malaysia menggunakan model baju ketat, jadi teringat TimNas Italia di piala Dunia dulu. Saya sendiri dulu terbersit pikiran tentang kaos timnas model ketat, sempet kepikiran bagaimana kalau design dan model kaos tim sepakbola Indonesia termasuk klub-klub sepak bola kita memakai kaos tim yang disesuaikan dengan ukuran pemain masing-masing (misalnya kaos tim Persija), jadi tidak dibuat all size sehingga tidak terkesan kelonggaran, kalau melihat postur pemain timnas kita rata-rata berpostur pendek, terkadang kalau kaosnya kelonggaran kelihatan kayak anak kecil lagi maen bola.
       Cuma saya agak heran, tidak semua tim peserta Piala AFF Suzuki 2008, mengenakan model kaos yang sama (ketat), tercatat tim-tim seperti Laos, Myanmar, Vietnam dan Kamboja masih memakai model kaos agak longgar (standar).
Kalau menurut pendapat pribadi, ada kekurangan dan kelebihan memakai model kaos ketat seperti ini.
Kelebihan :
1. Terlihat beda dan lebih sporty.
2. Lebih enteng dipakai terutama disaat lari.
3. Pemain lebih nyaman memakai kaos karena ukurannya disesuaikan dengan ukuran badan sendiri.
Kekurangan :
1. Proses pembuatannya harus dilakukan pengukuran kepada masing-masing pemain, sehingga ukuran baju harus benar-benar sesuai dengan ukuran tubuh pemain, dan mungkin proses pembuatannya akan memakan waktu sedikti lebih lama dibanding dengan tanpa diukur.
2. Keringat akan lebih lama terperangkap pada kaos karena kain bahan menempel pada badan pemain, erbeda dengan kaos yang lebih longgar.
3. Tidak semua pemain cocok dengan kaos model ketat seperti itu.
4. Badan cepat berkeringat, terlihat Bambang dan rekan-rekan sering kepinggir untuk mengambil minum, padahal pertandingan baru berjalan beberapa menit.
5. Saya nggak tau ini kekurangan atau kelebihan, para pemain terlihat seperi cowok-cowok Metropolis yang umum memakai baju ketat, badan-badan atletis tiap pemain lebih terlihat macho. Saya pesan aja buat
para pemain Timnas, jangan kaget kalau nanti lagi jalan-jalan di mall, banyak yang naksir anda selain dari
kaum hawa.. hee..hee..hee.

Baravo Timnas Indonesia…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: