Modem Huawei E220 rusak

Sudah hampir seminggu ini Modem Huawei E220 saya mendadak rusak, waktu itu pada pagi harinya modem tersebut masih bisa dipakai, namun sore harinya sewaktu mau saya pakai tiba-tiba muncul pesen error The divice has been disconnected or is unavailable, saya coba cabut dan pasang lagi namun tidak terbaca, padahal lampu modemnya masih menyala kelap-kelip. Kemudian sempat terpikir mungkin yang rusak kartu Telkomselnya, dan saya coba pinjam kartu Flash punya temen saya, hasilnya tetep modemnya nggak bisa kebaca, terus saya coba pakai kartu saya dan pinjam modem dengan tipe yang sama E220 punya temen, dan ternyata bisa kebaca. Jadi kesimpulannya modem saya yang bermasalah, padahal modem tersebut saya beli baru 3 bulan lebih dari sebuah toko online di Jakarta (JNB), dan walaupun toko online saya beli langsung datang ketempatnya.

Sempat saya cari-cari di internet, ada beberapa kejadian yang sama persis seperti saya ditoko yang sama, sebulan habis masa garansi tiba-tiba rusak.


Akhirnya saya coba telepon ke toko tersebut, saya utarakan permasalahan saya, dan jawabannya seperti saya duga mereka nggak bisa mengganti modem itu karena garansinya sudah lewat, namun disarankan untuk dibawa langsung ke took tersebut untuk di cek.

Keesokan harinya saya datangi toko tersebut, saya utarakan lagi permasalahnnya lagi-lagi mereka nggak bisa bantu untuk tukar modem karena garansi sudah habis, dan saran mereka untuk diservice adapun biaya servicenya sekitar 200-300 ribu, dan itupun makan waktu sekitar sebulan. Sebelum saya pulang sempat saya minta sama mereka untuk dicek dulu kerusakannya seperti apa, namun dikarenakan disana sedang banyak yang komplain, dan paling banyak komplain modem rusak, ada yang nggak bisa kebaca modemnya (sama seperti saya), ada yang kebaca namun nggak bisa konek internet dan macam-macam lainnya, akhirnya saya urungkan untuk dicek, saya pikir percuma juga antri lama kalau ternyata memang ujung-ujungnya memang harus di service. Dengan perasaan lemes saya meninggalkan toko tersebut dengan membawa perasaan dongkol campur kesel bagaimana tidak sedih, modem baru 3 bulan lebih saya beli, nggak bisa dipakai lagi. Setelah kejadian tersebut saya jadi males beli modem Huawei lagi, sampai-sampai saya males juga belanja lagi di toko tersebut.

Setelah semingguan modem E220 Huawei saya rusak, akhirnya saya coba cari-cari informasi tentang modem lainnya. Beberapa teman saya sarankan untuk mencoba beberapa jenis dan merek modem, namun akhirnya hati saya tertambat pada modem Sierra AT&T tipe 881U, modem ini juga support GPS.

Modem Sierra 881U

Modem Sierra 881U

Setelah saya yakin dengan modem ini, saya coba jalan-jalan ke Dusit Mangga Dua, dan akhirnya saya beli modem ini di toko online juga (toko Bhnk) yang kebetulan punya cabang di Mangga Dua. Tidak lupa saya tanyakan juga masa garansinya, untuk garansi 1 tahun harganya saat itu sekitar Rp. 1.325.000 ribuan, kalau garansinya 3 bulan harganya cuma Rp. 990,000 dan saya pilih yang garansi 1 tahun. paling tidak saya berharap kejadian yang lalu tidak terulang lagi, disamping itu juga ada kesan belanja di took ini cukup ramah dalam melayani pelanggan dan memang harusnya begitu.

Ada sedikit kejadian konyol, sewaktu tanya ini dan itu sama mbaknya, dia selalu ramah dan murah senyum, mungkin sifat dia kayak gitu, lama juga saya ditoko tersebut, sampai selesai urusan saya meninggalkan toko tersebut, cuma pas agak ngelirik ke bawah celana saya, perasaan ada yang janggal, ternyata resleting nggak tertutup rapat, alias terbuka lebar, ooo pantesan si mbak dari tadi mesem-mesem terus, jangan-jangan gara-gara ini, ya sudah lah udah terlanjur, akhirnya resleting saya naikin dan tutup dengan rapat…napa
nggak bilang aja sih mbak… syukur-syukur si mbak mesem-mesem bukan gara-gara itu…

Mudah-mudahan modem yang saya beli ini nggak cepet rusak dan yang penting saya bisa berselancar lagi.

37 Responses

  1. Sama mas, umur Huawei E220 saya baru 6 bulan, saya juga dapet error seperti ini “The Device has been disconnected or is unavailable”. Tapi kadang-kadang masih bisa connect. Saya udah lapor ke pihak Huawei tentang masalah ini di Forum Huawei

    Sepertinya kualitas Huawei E220 memang nggak bisa diandalkan, dan juga susah banget nyari tempat servicenya.

    Saya sekarang juga mau cari-cari modem baru, kayaknya ntar milih Sierra juga deh, soalnya sekarang lebih murah Sierra🙂

    Btw, gimana kabar Huawei E220 nya? Sudah diperbaiki? dan berapa biayanya?

    Sampai saat ini Sierra U810 masih ok, mudah2x-an umurnya lebih lama..yang Huawei E220 sudah saya bongkar sendiri, dan hasilnya tetep nggak bisa digunakan lagi..

    Alhamdulillah fitur GPS-nya sudah saya nikmati..

  2. ya… ampun. Masalah Saya juga sama seperti yang di atas.
    Saya juga memiliki pengalaman menggunakan modem Huawei sejak Oktober 2008 dan 25 Juni 2009 (cuma 8 bulan) dan kini mengalami masalah anatara lain: komputer tidak dapat ngedetect modem tersebut alias lampu indikator pun tidak hidup berkelap kelip. Alias Modemnya yang bermasalah.
    Saya hubungi ke toko ternyata modem yang saya miliki hanya bergaransi 6 bulan saja. Dan pihak toko katanya akan bantu untuk cek/perbaiki tapi waktunya bisa lama (mudah-mudahan biaya perbaiki tidak mahal).
    Bayangkan modem Huwaei E220 yang saya beli di bulan Oktober 2008 seharga 1.100.000,- hanya dikasih garansi 6 bulan, habis garansi lalu rusak.
    Hasil tanya sana-sini ternyata Modem tipe tersebut adalah barang Refurbish.
    Mungkin kualitasnya rendah atau ada apa ya?
    Pantasan di gambar casing modem dilarang membuang nya di tong sampah.

  3. sama mas masalahnya sama saya.. bahkan lebih “pathetic” saya.. soalnya baru beli seminggu sudah rusak.
    tokonya jg ga memberikan penjelasan yg memuaskan bahkan terkesan ga maw ambil pusing..
    pdahal toko tersebut memberikan garansi 3bln..
    Memang perlindungan konsumen di Indonesia sangat lemah..
    but still love NKRI..

    Sudah banyak yang jadi korban mas..sudah saatnya kita harus lebih teliti dan kritis dalam membeli sesuatu, jangan terburu2x gampang tergiur, yang untung kan mereka yang jualan.. nggak hanya sekedar urusan jualan modem, barang2x ‘sampah’ lainnnya juga banyak yang masuk dan dijual bebas di Indonesia, mulai dari HP, TV, Mobil, dll..hanya karena kita orang gampang tergiur barang murah, akhirnya kita juga yang rugi..mulai sekarang kita harus berubah dalam membeli sesuatu, kalo ngandelin perangkat hukum mah, wah sampai kapan bisa terwujud, mendingan kita biikin sikap aja, itung2x class action sama mereka2x yang jualan hanya mikirin untung, tanpa mikir kepentingan konsumen..

  4. Sama!!!Baru baru ini saya mempunyai masalah dengan modem GSM Huawei E220 yang baru saya beli sekitar sebulan lebih. Pertama tama tidak ada masalah dengan koneksinya, tapi baru baru ini sekitar semingguan koneksinya bermasalah. Permasalahannya adalah setiap konek sekitar 5-20 menit, koneksi saya tiba2 hilang, kalo dibilang terputus juga bisa, tapi anehnya status tetap terkoneksi. saya coba untuk disconect tidak mau/error. Jadi harus dipaksa untuk di close (program Mobile connect/Mobile Partner). Tapi anehnya status yang ada di taskbar bawah kanan masih ada. saya coba disconect tetap tidak mau. Akhirnya saya coba untuk koneksi kembali melalui program Mobile connect/Mobile Partner, device terdektesi. Tapi setelah saya coba koneksi ternyata tidak mau. Ada pesan bahwa port masih digunakan/masih ada modem yang digunakan. Tolong saya dok. Saya sudah coba utak atik tapi tetap tidak mau. Mohon bantuannya. Saya menulis ini pun secara offline dulu, hehehehe.
    Koneksi saya pake TelkomFlash. Windows XP sp2.
    Spek kompi : Proc. AMD Atlhon X2 7750, MB ECS 780 VM, DDR2 4GB Visipro PC6400 (2 x 2GB), HDD 500GB Seagate Sata, VGA Card HIS Ati Radeo HD 4670 1GB.
    Terima kasih
    dari Made Igung, Samarinda

    Bagaimana dengan sinyalnya, pengalaman saya kalau sinyal kurang bagus, kinerja modem jadi berat, sampe2x kalo mau di close juga status masih terkoneksi, pakai task manager sekalipun, kalau sudah begini biasanya saya close pakai Process Manager, kalau soal program sudah di close tapi masih muncul di tray coba aja arahkan mouse ke icon di tray, biasanya langsung hilang, kalau memang program tsbt. sudah benar2x di close, ini cuma masalah refresh icon di tray saja.

    Saran lain sih, coba install lagi aja Mobil Partnernya, jika masih terjadi juga, coba hubungi providernya, rekan saya dulu punya pengalaman yang sama , trus coba hubungi providernya, akhirnya masalahnya tuntas.

  5. wah…saya hampir pengen beli ni mpdem..kyk nya beli yang sierra compass 885..gimana menurut anda2 sekalian dengan sierra compass 885.

    sierra compass 885 nggak ada fitur GPS-nya ya ?..cuma modem doank..
    Saya dulu pilih Sierra 811U karena ada fitur GPSnya..

  6. Wah kacau…mslh gw sama ky yg diatas…parah’y lg blm sehari gw pake udah gbs d konekin “The Device Has been Disconnected or Unavailable”

    pdhl ya Allah,,gw beli’y minta seiya2″y ma nyokap…tau’y gini,,

    anyone help me please…

    Turut prihatin,.. ya gini lah kalo orang bisnis cuma cari untung doank.. baru juga perdagangan bebas ama China dimulai, lalu bagaimana dengan kualitas produk2xnya.. yang jelas dari dulu konsumen kita terus yang dirugikan, belum lagi produk 2x yang illegal kayak modem model ini..

  7. kok sama ya senasib, huawei memang sangat mengecewakan!

  8. sama nih saya punya gejala-2 yang sama. sering disconnect sendiri kemudian nyambung lagi. Kadang lampu indikator mati tapi di monitor masih connect. Ada yang punya nomor kontak customer servicenya gak? tolong dong bantu saya…

  9. ehmm.. aku baru beli seminggu beli huawei e220, untung blm ada masalah.. masih ada garansi 10 bulan lagi. ngomong2 soal modem huawei..waduuh aku jg takut nich….jgn2 yg seri e220 ini ngga oke dech niy. hiiiii…….

  10. Saya barusan browsing untuk cari masalah sama modem saya Huewei 1552 dan 1550, lha kok ketemu ini ternyata banyak juga yg bermasalah ya … modem saya baru gress 100%, type 1550 dan 1552, semua kok nggak bisa konek. Kadang kedetek signal sbentar, pas mau konek langsung hilang dan diskonek sendiri. Sudah ganti semua kartu GSM juga nggak bisa, setting juga udah sesuai. Kenapa ya Huewei kayak gini … kadang bisa konek, tapi di indikasi Sent bisa, di indikasi Receive 0.

  11. e220 ku sih selama 2 tahun gak ada masalah . tp sabtu kemarin udah gak bisa digunakan lg,ada yg tau gak service center huwaei surabaya

  12. huawei saya e220 awalnya sering disconnect mendadak, tapi akhirnya dengan sedikit modif jadi tidak ada masalah

  13. waduh aku kadung beli e220 tadi siang jare,jangkrik ternyata elek yo modem iku weleh weleh tinggal menunggu waktu iki modemku

  14. Modem huawei e220 rusak ada yg niat mo jual gak?saya cuma butuh slot simcardnya saja…soalnya slot simcard modem saya hilang…kalo ada hub.081227515857…trims.

  15. Saya masih ada tuh, boleh kalau mau..

  16. Kalau ada modem e220 yang rusak, saya mau beli..sama seperti komentator di atas, slot simcardnya hilang… kalau ada hub 08989177269, YM gathot_w

  17. Iyah saya minat jg sama modem e220 yang rusak, sama juga dengna komentar diatas, slot simcardnya hilang, pls saya butuh bgt neh. Hubungin via email ajah yah

  18. Ada yang tau solusinya gak?, pusing ane mikirin modem Huawei e220 mana baru langganan telkomflash yang unlimited lagi. Eh modemnya dah rusak………….

  19. ni yang diomongn huawei e220 biasa apa huawei vodafone e220?

    Huawei e220 (Three) yang biasa

  20. oh jdi dari byk kasus diatas g ad yg vodafone e220 nya?

  21. punya saya vdfone e220 baru dibeli 3 mgu kebelakang belum pernah dipakai sekalipun karena kalo dipakai kadang konek kadang ngk, saya ngk bisa cmplain k tokonya karena salah saya nitip beli k orang…mana saya belinya mahal 600 ribu pdhal dipasaran berkisar 300-400 ribu! saya bru niat masukin k service az, garansi ternya cuma omdo!

  22. saya lebih parah , kurang dari 24 jam modem HUAWEI saya rusak , sama persis seperti kerusakan yg anda alami . huft !!

  23. Alhamdulillah saya pake modem Huawei Tmobile E220 sampai saat ini dah setahun lebih gak bermasalah. Bahkan signal cenderung lebih kuat dibandingkan yang model stik. Untuk tampilan software nya bukan mobile panther tp web walk. Yah mudah2an gak bernasib seperti bro and sist semua… BRAVO HUAWEI!!!

  24. gan, beli aja ma q slot kartu”y aja….

  25. atw siapa yg tw dimana beli slot kartu huawei vodafone e220

  26. saya butuh slot sim card huawei E220, klo ada yg jual huawei E220 kondisi rusak.
    hub 085648515637

  27. PENYAKIT YANG SAMA, !!!…….Saya alami sekitar 2 hari yang lalu….,

    Saya beli sebagai Modem second/ bekas pakai ; saya beli dan pakai sejak Agustus 2010 (10 bl yl)

    Hanya yang saya miliki adalah Modem Hwawei E220 – Label “Optus – Yes” pada cassing tertera produk 2004….(memang produk kuno)…tetapi cukup ok sebelum masalah menimpa…..

    Sekedar sharing….,Sedang cari solusi…..good luck

  28. please help.. Sy br bl e220 vodafone. Bgtu dicolok ke laptop g detect, sy cb dr explorer jg nihil. Bgtupun ke pc sy. Apa emang mdmx yg rusak?? Pdhl bl onlen,n sy di daerah. Repot di ongkir kl musti krm lg bolak2ik..any solution?tq so

  29. knapa modemnya yg rusak ga di coba untuk di flash aja…. smacam di instal ulang firmware nya….. memakan waktu kira2 10 menit doang. . .

  30. gan ane make huawei e153 bundling mbak sulastri beli seken sih, orangnya bilang udah 8bulan tapi masih oke, audah 2 blnan di tangan ane, n sekarang susah koneknya ada tulisan error 619 atau kalau tidak error 678 tapi kadang masih bisa konek apa modemny mau rusak y???? n solusinya gimana ya??? blz ke email ane y gan … uniqunic@ymail.com

    Mungkin itu modem udah di update firmwarenya, coba cari dan balikin ke firmware aslinya gan..
    semoga membantu

  31. anjrit, ternyata banyak kasus modem huawei e220 ya.
    kasus ane sama kaya ente, baru 3 bulan pake udah rusak. wktu itu smpet rusak pas hampir bulan ke 3, ane klaim ke toko, pas dicek tiba” modemnya bener sendiri gan!!! ane kesel bgt, padahal udah ane coba di 3 komputer berbeda hasilnya nihill… eh pas udah 3bulan dan sialnya pas bgt garansi abis ntu modem rusak lagi.. cman lampu indikatornya aja yg nyala.. modem ga kedetect di windows..
    kecewa ane sama tokonya tuh.. jd males bgt ane beli di toko ntu lagi..

  32. Modem huawei e220 uda 3tahun lebih dan hampir 4tahun skrg akhirnya jebol jg mlm ini. Hahahaha. Makasi e220 uda menemaniku selama ini.

    Berarti lumayan bagus tuh mas…saya pakai Sierra Wireless lumayan lama juga sama 4 tauanan juga..

  33. intinya gan jangan beli huawei lah, service centernya juga di berbagai kota pada kabur.. gax percaya buktikan sendiri. ane di bandung cari2 di dago trus jl sunda semua susah di hubungi alias hilang jejak. wassalam

  34. salam kenal ane punya modem huawei type E220 ga tau kenapa tiba tiba pas saya mau colok ke laptop ga bisa conect ato ga bisa ke baca di komputer,minta tolng bro gmna solusinya tlong bls ke email sy ya.

  35. yang punya modem huawei e220 yang rusak dan moau coba di service, buat yang di bandung call me deh. kalo sembuh ya bayar, kalo ga bisa ya ga usah bayar. saya dah pernah service 4 modem huawei e 220. semuanya lancar. call me @ 0821 2850 1150

  36. kalau masalah modem disconer or unavailable.. cara mengatasi nya, instal ulang driver modem nya dan mobilepartner nya.

  37. kalau modem gw terdeteksi, simcard juga terdeteksi. tp gk dpt sinyal. ganti simcard juga sama. di pc lain juga sama. pdhl pkai modem lain sinyal full.

Leave a Reply

