Batu Gelap atau Batu Petir

Demikian orang-orang daerah kami menyebutnya “Batu Gelap”, gelap dalam bahasa Sunda artinya Petir, dahulu sewaktu saya masih tinggal di desa, kira-kira semasa sekolah dasar, kami sangat mengenali dengan yang namanya “Batu Gelap” (gelap=petir), orang-orang tua kami sering mengatakan kalau ada petir dikala hujan, menyambar pohon atau apa saja yang terkena kilatan petir, maka biasanya kemungkinan akan ada batu berupa batu granit di sekitar lokasi yang terkena kilatan petir tersebut, bentuknya halus, bercorak, tapi mereka tidak mengatakan bahwa batu itu adalah pemberian dewa petir, yang jelas saya waktu itu percaya juga apa yang diucapkan orang-orang tua kami dulu, bahkan beberapa teman SD saya sempat ada yang memilikinya, entah dari mana asalnya, dan mereka mengatakan bahwa batu itu adalah batu gelap / petir, saya juga sempat melihat dan mencoba memegang batu tersebut, bentuk permukaan batu tersebut sangat halus sekali, indah warnanya, ada yang bercorak merah tua bercampur putih dan biru, dan yang paling mengesankan adalah bentuk batu tersebut seperti kapak jaman prasejarah, dan seolah-olah batu sengaja dibuat oleh manusia mengingat bentuk dan coraknya yang indah, batu tersebut juga sangat keras sekali dan terasa dingin jika kita pegang.

Kalaupun omongan orang tua kami dahulu benar , mungkin saja saat ini banyak ditemukan batu petir tersebut, mengingat daerah kami merupakan daerah yang sering terjadinya petir.

Sampai kemudian ada berita seorang bocah laki-laki bernama Ponari di Jombang yang menemukan batu petir dan bahkan air celupan batu tersebut mampu menyembuhkan orang yang sakit. Dengan berita tersebut saya menjadi teringat kembali masa-masa kecil dimana saya dan teman-teman Sekolah dulu pernah memiliki yang orang katakan “batu gelap”, cuma memang dulu kami tidak terpikirkan dan tidak terbesit untuk mencoba melakukan penyembuhan terhadap orang sakit, dipikiran saya cuma seneng-seneng aja punya batu unik berbeda dari jenis batu-batu yang lain.

Selama masa kecil itu, saya beserta teman-teman SD dulu masih terpengaruh dengan omongan orang-orang tua kami dulu, malahan setiap kami bermain sepak bola, dan kebetulan lapangan sepak bolanya berada di atas bukit, sehingga jika turun hujan maka sering sekali sekitar lapangan dimana banyak ditumbuhi pohon-pohon nira /kawung (*sunda red) yang terkena kilatan petir, bahkan beberapa sampai mengeluarkan asap, dan ada yang sampai terbakar hangus, disaat ada pohon nira yang terbakar tersebut, kami malah berlarian mendekati pohon tersebut dengan harapan ada batu petirnya. Namun kami tidak menemukan batu tersebut, semenjak itu pula pemahanan kami akan batu gelap tersebut, yang katanya terbentuk pada saat terjadi petir, perlahan-lahan sirna, sejalan dengan hilangnya pemahaman tersebut sampai saat inipun saya belum pernah didaerah kami ada yang menemukan batu gelap tersebut. Memang dahulu ada beberapa orang yang menemukan batu sejenis itu dan lokasinya diambil dari sungai, tergeletak begitu saja bercampur dengan jenis batu-batu yang lain, cuma walahu alam apakah itu batu gelap atau bukan. Sampai saat ini pun saya tidak tahu asal muasal batu jenis tersebut.

Mungkin kalaupun sekarang ada yang menemukannya, akan makin banyak lagi profesi dukun batu petir di Indonesia..
Huh..orang Indonesia memang aneh-aneh…
kecuali saya he..he

2 Responses

  1. he..he..
    batu petir ya ? rupanya bhs. madura mirip ya dengan sunda. Gelap ( sunda) = Kelap ( madura). aku juga punya. dulu pas masih kecil juga nemukan, skarang masih kusimpan. gak tahu juga apa fungsinya. makanya skr ada internet, coba liat2 barangkali ada info. kalo dipikir juga pasti bingung dari mana datangnya, soalnya bagus dan halus sekali bentuiknya…

  2. oh ya, tambahan, batu itu dulu ditemukan pas nancap di sisa batang kelapa yang habis dismabar petir. kalo memang sungguh bisa dijadikan obat, mau kujual sih, siapa tahu bisa laku mahal.. he..he.. mungkin sidomuncul mau beli….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: