Kekaguman saya ketika melongok ke Amerika Serikat (USA).

Judul di atas bukan menggambarkan bagaimana saya melongok Amerika (USA) secara langsung datang ke negeri paman Sam tersebut, namun saya cuma sekedar mencoba ‘bermain-main’ dengan salah satu fasilitas yang ada di Google yakni GoogleMap.
Dengan mengakses http://maps.google.com/ kita bisa melihat belahan dunia lain tanpa kita harus datang ke tempatnya, cukup lewat internet kita bisa melihat-lihat suasana daerah-daerah yang sudah di scan melalui Google Street View, dengan menggunakan kendaraan Google men-scan tempat-tempat dibelahan dunia dan memasukannya ke database dan berkolaborasi dengan peta dunia, sehingga bisa diakses melalui internet.

Beberapa kali saya mencoba melihat-lihat daerah-daerah yang ada di negara Amerika, betapa saya kagum akan negara ini, khususnya melihat tata kota yang mungkin sudah dibangun ratusan tahun, kelihatan sekali penataan daerah-daerahnya begitu apik, jalan raya, jembatan, perumahan, fasilitas umum, tempat wisata dll.. semuanya begitu terlihat asri, ketika melihat daerah pinggiran, suasana begitu sepi namun tertata dengan baik. Tidak banyak orang lalu lalang seperti di daerah-daerah kita di Indonesia, mungkin inilah gambaran negara maju dilihat dari penataan kotanya, jalan-jalan disana sangat lebar-lebar, begitu banyak jalur bebas hambatan (seperti jalan Tol Jagorawi) yang terpelihara dengan baik, jalan-jalan dipedesaan pun sangat terpelihara, sangat berbeda sekali dengan kondisi jalan di Indonesia, banyak lobang, saluran mampet, trotoar dipakai pedagang kaki lima dsb. Rata-rata rumah-rumah di sana memiliki halaman yang luas sekali terutama di pedesaan, dan yang menarik disini, hampir tiap rumah jarang sekali ada pagar rumahnya, kalaupun ada tidak terlalu besar dan seperlunya saja, berbeda dengan di Indonesia, rumah-rumah umumnya memiliki pagar, terlebih tumah-rumah orang kaya, pagarnya saja tinggi-tinggi, hal ini menunjukan orang Indonesia lebih merasa tidak aman walau tinggal di negeri sendiri, jadi jangan heran faktor keamanan di negeri ini masih jauh dari kata aman.
Amerika Serikat memiliki dataran yang sangat luas sekitar 9.826.630 km², dan jumlah penduduk sekitar 300 juta jiwa, bandingkan dengan luas daratan Indonesia sekitar 1.922.570 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 241 juta jiwa, jadi sangat wajar jika melihat kondisi negara Amerika Serikat yang begitu luas dengan jumlah penduduknya, rata-rata memiliki luas areal rumah dan pekarangan yang sangat luas. Berbeda dengan kondisi di negara kita, jumlah penduduk banyak dan tidak seimbang dengan luas daratannya, terlebih kondisi di perkotaan, hal ini akan sangat sulit untuk ditata, lihat saja kota Jakarta, sudah berganti Gubernur yang kesekian kali, namun tetap saja tidak ada perubahan dalam penataan kotanya, dan masalah banjir saja masih selalu terjadi, ini suatu bukti susahnya membenahi Jakarta, belum lagi aparatur pemerintahnya yang kurang maksimal.
Saya cuma membayangkan saja, kapan ya penataan daerah-daerah di Indonesia bisa se-rapi, se-teratur daerah-daerah di Amerika Serikat sana, walaupun mungkin kenyataan disana tidak seindah yang dilihat di Internet… mudah-mudahan saja bisa kesampaian jalan-jalan ke sana ….

One Response

  1. makanya jangan bayangin doang…take action dong, apa sumbangsih lu bagi kemajuan bangsa ini

    Banyak cara yang bisa dilakukan kalo mau bangsa ini maju, nggak perlu yang muluk-muluk, nggak perlu tahu orang lain sudah kasih sumbangsih apa sama bangsa ini, tanya sama diri sendiri apa yang sudah saya berikan sama bangsa ini.

    Bisanya menuntut, mengeluh….dan rendah diri di mata bangsa lain….nah itu penyakitnya

    Jangan lupa juga berpikiran negatif sama orang juga merupakan penyakit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: